Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Cooperative Integrated Reading And Compotition (CIRC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas X IIS di Ma Ma’arif Udanawu Blitar
ctrlnum |
1618 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/</relation><title>Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Student
Team Achievement Divisions (STAD) Dan Cooperative Integrated Reading And
Compotition (CIRC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas X IIS di Ma Ma’arif Udanawu Blitar</title><creator>FITHRIYAH, NISWATUL</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Pembelajaran adalah suatu aktivitas yang memperngaruhi hasil belajar
siswa. Pembelajaran yang baik dan efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Keaktifan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini,
ditemukan permasalahan dalam pembelajaran siswa, diantaranya ialah ketidak
tertarikan siswa terhadap materi pelajaran dan munculnya rasa bosan yang ditandai
dengan ketidak fokusan dalam belajar, ramai di kelas bahkan tidur di kelas. Hal ini
menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Maka
peneliti menggunakan Strategi pembelajaran STAD dan CIRC yang dapat
meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar STAD dan CIRC, dan
adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan strategi STAD dan CIRC.
selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran paling
efektif dalam meningkatkan hasil belajar antara STAD dan CIRC
Populasi penelitian ini adalah 417 siswa dan sampel sebanyak 131 siswa
MA Al Ma’arif Udanawu yakni, kelas X IIS 1, X IIS 2, dan X IIS 4. Teknik
Pengambilan sample ialah Simple Random Sampling dengan kerangka penelitian
Quasi Experimental.
Dari Hasil penelitian adanya peningkatan hasil belajar untuk kelas yang
penerapan strategi pembelajaran STAD sebesar 28,02%, yakni 64,28 dengan
kategori “cukup” Sedangkan untuk hasil belajar yang CIRC mengalami
peningkatan sebesar 54,34%.yakni 66,91 denga kategori “cukup”. Sedangkan
strategi pembelajaran paling efektif antara STAD dan CIRC dengan kelas kontrol
ialah Strategi pembelajaran CIRC dengan nilai sig (2- tailed) antara STAD dan
Kelas Kontrol sebesar 0,00 dan t hitung> t tabel, yakni 2,056>1, 989 , sedangkan
nilai sig (2- tailed) pada antara kelas kontrol dan CIRC sebesar 0,00> 0,05. Dengan
t hitung > t tabel yakni, 2,18>1,99. Serta nilai sig (2- tailed) antara CIRC dengan
STAD ialah sebesar 0,00< 0,05 sedangkan nilai t hitung> t tabel, yakni
1,996>1,989.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/1/932109115_Pra%20Bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/2/932109115_Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/3/932109115_Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/4/932109115_Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/5/932109115_Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/6/932109115_Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/7/932109115_Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/8/932109115_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> FITHRIYAH, NISWATUL (2020) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Cooperative Integrated Reading And Compotition (CIRC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas X IIS di Ma Ma’arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI. </identifier><recordID>1618</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FITHRIYAH, NISWATUL |
title |
Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Student
Team Achievement Divisions (STAD) Dan Cooperative Integrated Reading And
Compotition (CIRC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas X IIS di Ma Ma’arif Udanawu Blitar |
publishDate |
2020 |
topic |
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/1/932109115_Pra%20Bab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/2/932109115_Bab%201.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/3/932109115_Bab%202.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/4/932109115_Bab%203.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/5/932109115_Bab%204.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/6/932109115_Bab%205.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/7/932109115_Bab%206.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/8/932109115_Daftar%20Pustaka.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1618/ |
contents |
Pembelajaran adalah suatu aktivitas yang memperngaruhi hasil belajar
siswa. Pembelajaran yang baik dan efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Keaktifan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini,
ditemukan permasalahan dalam pembelajaran siswa, diantaranya ialah ketidak
tertarikan siswa terhadap materi pelajaran dan munculnya rasa bosan yang ditandai
dengan ketidak fokusan dalam belajar, ramai di kelas bahkan tidur di kelas. Hal ini
menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Maka
peneliti menggunakan Strategi pembelajaran STAD dan CIRC yang dapat
meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar STAD dan CIRC, dan
adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan strategi STAD dan CIRC.
selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran paling
efektif dalam meningkatkan hasil belajar antara STAD dan CIRC
Populasi penelitian ini adalah 417 siswa dan sampel sebanyak 131 siswa
MA Al Ma’arif Udanawu yakni, kelas X IIS 1, X IIS 2, dan X IIS 4. Teknik
Pengambilan sample ialah Simple Random Sampling dengan kerangka penelitian
Quasi Experimental.
Dari Hasil penelitian adanya peningkatan hasil belajar untuk kelas yang
penerapan strategi pembelajaran STAD sebesar 28,02%, yakni 64,28 dengan
kategori “cukup” Sedangkan untuk hasil belajar yang CIRC mengalami
peningkatan sebesar 54,34%.yakni 66,91 denga kategori “cukup”. Sedangkan
strategi pembelajaran paling efektif antara STAD dan CIRC dengan kelas kontrol
ialah Strategi pembelajaran CIRC dengan nilai sig (2- tailed) antara STAD dan
Kelas Kontrol sebesar 0,00 dan t hitung> t tabel, yakni 2,056>1, 989 , sedangkan
nilai sig (2- tailed) pada antara kelas kontrol dan CIRC sebesar 0,00> 0,05. Dengan
t hitung > t tabel yakni, 2,18>1,99. Serta nilai sig (2- tailed) antara CIRC dengan
STAD ialah sebesar 0,00< 0,05 sedangkan nilai t hitung> t tabel, yakni
1,996>1,989. |
id |
IOS6979.1618 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-11-20T08:41:56Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295575842357248 |
score |
17.538404 |