Rancang Bangun Aplikasi Gamifikasi Pembelajaran Kimia Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality
Main Author: | Purnama, Glenn Raditya Rudijana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/4828/1/Skripsi_GlennRaditya_13110110100.pdf http://kc.umn.ac.id/4828/ |
Daftar Isi:
- Dalam belajar, generasi Z lebih efektif ketika belajar menggunakan teknik pembelajaran visual. Salah satu cara menerapkan teknik pembelajaran visual dapat menggunakan teknologi augmented reality. Pelajaran kimia dapat diaplikasikan dengan AR karena termasuk dalam ilmu visual yang mempunyai peran penting dalam praktek sehari-hari. Generasi Z juga akan lebih berkembang di lingkungan belajar yang dapat memaksimalkan kemandirian seperti e-learning. Tetapi, elearning hanya memberikan sedikit dorongan motivasi. Sementara itu, salah satu tujuan dari aplikasi pembelajaran seharusnya menjadi dorongan motivasi. Pendekatan untuk memberikan dorongan motivasi belajar adalah dengan penerapan metode gamifikasi. Oleh karena itu, aplikasi pembelajaran kimia dengan teknologi augmented reality dan metode gamifikasi dirancang dan dibangun untuk memotivasi peserta didik dalam belajar. Aplikasi menggunakan framework Player Centered Design untuk metode gamifikasi. Mekanika game yang digunakan dalam aplikasi ini adalah point, leaderboards, levels, challenges, badges, constraints with urgent optimism, dan rewards. Setelah implementasi dan proses pengujian dilakukan, metode gamifikasi yang diterapkan terbukti berhasil diimplementasi dan dapat memotivasi para peserta didik terkait dengan faktor-faktor pada ARCS Model of Motivational Design dan efektivitas mekanika game. Pada ARCS, faktor Attention paling disetujui dengan nilai 81.57%. Pada efektivitas mekanika game, faktor Engagement paling disetujui dengan nilai 86.7%.