Rancang Bangun Game 2D Menggunakan Fuzzy Logic untuk Dynamic Difficulty Adjustment
Main Author: | Fajarki Tarigan, Timothy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14258/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14258/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan video game juga telah berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya teknologi. Terdapat beberapa elemen yang mempengaruhi daya tarik pemain terhadap sebuah game, salah satunya adalah difficulty atau tingkat kesulitan. Salah satu cara untuk membuat game tidak terlalu mudah atau susah adalah dengan memberikan pilihan-pilihan tingkat kesulitan kepada pemain. Namun dengan cara ini terdapat sebuah kekurangan, yaitu tingkat kesulitan yang statis. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Dynamic Difficulty Adjustment. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah algoritma fuzzy logic dapat digunakan untuk membangun dynamic difficulty adjustment dan mencari tahu tingkat kepuasan atau video game satisfaction dari pemain terhadap game. Nilai video game satisfaction dihitung dengan data yang didapatkan dari kuesioner Game User Experience Satisfaction Scale. Hasil akhir dari perhitungan GUESS adalah 74,2% yang artinya pemain merasa puas. Dapat disimpulkan bahwa game 2D dalam penelitian ini berhasil dirancang dan dibangun menggunakan fuzzy logic untuk dynamic difficulty adjustment dan video game satisfaction terhadap game adalah puas.