ctrlnum 14258
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/14258/</relation><title>Rancang Bangun Game 2D Menggunakan Fuzzy Logic untuk Dynamic Difficulty Adjustment</title><creator>Fajarki Tarigan, Timothy</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Perkembangan video game juga telah berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya teknologi. Terdapat beberapa elemen yang mempengaruhi daya tarik pemain terhadap sebuah game, salah satunya adalah difficulty atau tingkat kesulitan. Salah satu cara untuk membuat game tidak terlalu mudah atau susah adalah dengan memberikan pilihan-pilihan tingkat kesulitan kepada pemain. Namun dengan cara ini terdapat sebuah kekurangan, yaitu tingkat kesulitan yang statis. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Dynamic Difficulty Adjustment. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah algoritma fuzzy logic dapat digunakan untuk membangun dynamic difficulty adjustment dan mencari tahu tingkat kepuasan atau video game satisfaction dari pemain terhadap game. Nilai video game satisfaction dihitung dengan data yang didapatkan dari kuesioner Game User Experience Satisfaction Scale. Hasil akhir dari perhitungan GUESS adalah 74,2% yang artinya pemain merasa puas. Dapat disimpulkan bahwa game 2D dalam penelitian ini berhasil dirancang dan dibangun menggunakan fuzzy logic untuk dynamic difficulty adjustment dan video game satisfaction terhadap game adalah puas.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14258/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Fajarki Tarigan, Timothy (2020) Rancang Bangun Game 2D Menggunakan Fuzzy Logic untuk Dynamic Difficulty Adjustment. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>14258</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Fajarki Tarigan, Timothy
title Rancang Bangun Game 2D Menggunakan Fuzzy Logic untuk Dynamic Difficulty Adjustment
publishDate 2020
topic T58.5-58.64 Information technology
url http://kc.umn.ac.id/14258/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14258/
contents Perkembangan video game juga telah berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya teknologi. Terdapat beberapa elemen yang mempengaruhi daya tarik pemain terhadap sebuah game, salah satunya adalah difficulty atau tingkat kesulitan. Salah satu cara untuk membuat game tidak terlalu mudah atau susah adalah dengan memberikan pilihan-pilihan tingkat kesulitan kepada pemain. Namun dengan cara ini terdapat sebuah kekurangan, yaitu tingkat kesulitan yang statis. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Dynamic Difficulty Adjustment. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah algoritma fuzzy logic dapat digunakan untuk membangun dynamic difficulty adjustment dan mencari tahu tingkat kepuasan atau video game satisfaction dari pemain terhadap game. Nilai video game satisfaction dihitung dengan data yang didapatkan dari kuesioner Game User Experience Satisfaction Scale. Hasil akhir dari perhitungan GUESS adalah 74,2% yang artinya pemain merasa puas. Dapat disimpulkan bahwa game 2D dalam penelitian ini berhasil dirancang dan dibangun menggunakan fuzzy logic untuk dynamic difficulty adjustment dan video game satisfaction terhadap game adalah puas.
id IOS6965.14258
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:51:34Z
last_indexed 2020-12-19T03:51:34Z
recordtype dc
_version_ 1686477464401870848
score 17.538404