Rancang Bangun Aplikasi Absensi dengan Metode Gamifikasi Berbasis Website
Main Author: | Anggara, Eriko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13886/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13886/ |
Daftar Isi:
- Pengisian absensi merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh karyawan di suatu perusahaan secara rutin setiap harinya. Perusahaan seperti PT Sumber Inovasi Informatika pun juga menerapkan pengisian absensi untuk mendata kehadiran karyawan. PT Sumber Inovasi Informatika melakukan pengisian absensi menggunakan aplikasi ERPNext dengan cara melakukan data entry ke dalam dokumen yang disediakan di dalam aplikasi. Namun pengisian absensi tidaklah terjadi setiap harinya di PT Sumber Inovasi Informatika. Terkadang absensi akan dilengkapi oleh para karyawan pada saat akhir bulan telah tiba. Penggunaan metode gamifikasi dapat meningkatkan rutinitas pengisian absensi pada karyawan. Marc e ki Gamifica ion Framework digunakan sebagai kerangka dalam merancang dan membangun aplikasi absensi dengan metode gamifikasi. Aplikasi dibuat dengan basis website menggunakan framework ReactJS dan terintegrasi ke aplikasi ERPNext. Elemen game yang digunakan di dalam aplikasi berupa leaderboard, achievement dan juga point. Hasil dari uji coba dengan metode pretest posttest control group design menunjukkan bahwa metode gamifikasi meningkatkan rutinitas pengisian absensi sebanyak 245,45 persen.