Rancang Bangun Aplikasi Task List Manager Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus PT Fiture Teknologi Inovasi)
Main Author: | Kristian, Edwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13195/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13195/ |
Daftar Isi:
- Sistem informasi digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan juga produktivitas karyawan. Untuk melakukan manajemen terhadap karyawan, salah satu cara yang digunakan adalah menggunakan task list. PT Fiture Teknologi Inovasi menggunakan cara ini, namun karyawan PT Fiture Teknologi tidak termotivasi dalam mengerjakan pekerjaan. Dibutuhkan sebuah task list yang bukan hanya meningkatkan produktivitas namun juga meningkatkan motivasi kerja dalam menyelesaikan task. Task list manager adalah aplikasi berbasis mobile untuk manajemen task yang dibuat dengan metode gamifikasi. Penggunaan metode gamifikasi dalam pengembangan aplikasi task list manager diharapkan dapat meningkatkan motivasi user dalam menggunakan aplikasi dan mengerjakan task. Pembangunan aplikasi berbasis mobile dibuat dengan menggunakan React Native dan menerapkan elemen game sesuai dengan framework Sustainable Gamification Design. Tingkat penerimaan user terhadap aplikasi task list manager berbasis mobile diukur dengan metode UTAUT dan menghasilkan persentase pada aspek performance expectancy sebesar 85,7%, aspek effort expectancy sebesar 84,1%, aspek attitude toward using technology sebesar 83,7%, aspek anxiety sebesar 81,2%, aspek self-efficiacy sebesar 79,5%%, aspek social influence sebesar 85,4%, aspek behavioral intention sebesar 83,9%, dan aspek perceived enjoyment sebesar 82,8%.