Rancang Bangun Aplikasi Task List Manager Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus PT Fiture Teknologi Inovasi)

Main Author: Kristian, Edwin
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13195/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/
ctrlnum 13195
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/13195/</relation><title>Rancang Bangun Aplikasi Task List Manager Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus : PT Fiture Teknologi Inovasi)</title><creator>Kristian, Edwin</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Sistem informasi digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan juga produktivitas karyawan. Untuk melakukan manajemen terhadap karyawan, salah satu cara yang digunakan adalah menggunakan task list. PT Fiture Teknologi Inovasi menggunakan cara ini, namun karyawan PT Fiture Teknologi tidak termotivasi dalam mengerjakan pekerjaan. Dibutuhkan sebuah task list yang bukan hanya meningkatkan produktivitas namun juga meningkatkan motivasi kerja dalam menyelesaikan task. Task list manager adalah aplikasi berbasis mobile untuk manajemen task yang dibuat dengan metode gamifikasi. Penggunaan metode gamifikasi dalam pengembangan aplikasi task list manager diharapkan dapat meningkatkan motivasi user dalam menggunakan aplikasi dan mengerjakan task. Pembangunan aplikasi berbasis mobile dibuat dengan menggunakan React Native dan menerapkan elemen game sesuai dengan framework Sustainable Gamification Design. Tingkat penerimaan user terhadap aplikasi task list manager berbasis mobile diukur dengan metode UTAUT dan menghasilkan persentase pada aspek performance expectancy sebesar 85,7%, aspek effort expectancy sebesar 84,1%, aspek attitude toward using technology sebesar 83,7%, aspek anxiety sebesar 81,2%, aspek self-efficiacy sebesar 79,5%%, aspek social influence sebesar 85,4%, aspek behavioral intention sebesar 83,9%, dan aspek perceived enjoyment sebesar 82,8%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13195/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Kristian, Edwin (2020) Rancang Bangun Aplikasi Task List Manager Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus : PT Fiture Teknologi Inovasi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>13195</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Kristian, Edwin
title Rancang Bangun Aplikasi Task List Manager Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus : PT Fiture Teknologi Inovasi)
title_sub PT Fiture Teknologi Inovasi)
publishDate 2020
topic T58.5-58.64 Information technology
url http://kc.umn.ac.id/13195/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13195/
contents Sistem informasi digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan juga produktivitas karyawan. Untuk melakukan manajemen terhadap karyawan, salah satu cara yang digunakan adalah menggunakan task list. PT Fiture Teknologi Inovasi menggunakan cara ini, namun karyawan PT Fiture Teknologi tidak termotivasi dalam mengerjakan pekerjaan. Dibutuhkan sebuah task list yang bukan hanya meningkatkan produktivitas namun juga meningkatkan motivasi kerja dalam menyelesaikan task. Task list manager adalah aplikasi berbasis mobile untuk manajemen task yang dibuat dengan metode gamifikasi. Penggunaan metode gamifikasi dalam pengembangan aplikasi task list manager diharapkan dapat meningkatkan motivasi user dalam menggunakan aplikasi dan mengerjakan task. Pembangunan aplikasi berbasis mobile dibuat dengan menggunakan React Native dan menerapkan elemen game sesuai dengan framework Sustainable Gamification Design. Tingkat penerimaan user terhadap aplikasi task list manager berbasis mobile diukur dengan metode UTAUT dan menghasilkan persentase pada aspek performance expectancy sebesar 85,7%, aspek effort expectancy sebesar 84,1%, aspek attitude toward using technology sebesar 83,7%, aspek anxiety sebesar 81,2%, aspek self-efficiacy sebesar 79,5%%, aspek social influence sebesar 85,4%, aspek behavioral intention sebesar 83,9%, dan aspek perceived enjoyment sebesar 82,8%.
id IOS6965.13195
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:50:27Z
last_indexed 2020-12-19T03:50:27Z
recordtype dc
_version_ 1686477458737463296
score 17.538404