Rancang Bangun Aplikasi Pembinaan Atlet Renang Usia Dini Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus: Perkumpulan Renang Piranha Tegal)

Main Author: Nathaniel Pithendro, Enrico
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/11267/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/
ctrlnum 11267
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/11267/</relation><title>Rancang Bangun Aplikasi Pembinaan Atlet Renang Usia Dini Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus: Perkumpulan Renang Piranha Tegal)</title><creator>Nathaniel Pithendro, Enrico</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Pembinaan olahraga merupakan faktor yang sangat penting dalam memajukan dunia olahraga, karena dengan pembinaan olahraga dapat meningkatkan prestasi dan semuanya tidak lepas dari campur tangan seorang pelatih. Sebagian besar mengatakan bahwa kesulitan dalam melatih anak usia dini adalah kurang konsentrasi dan kedisplinan dalam berlatih. Latihan yang dilakukan secara berulang setiap hari juga membuat jenuh para atlet. Gamifikasi adalah sebuah proses yang bertujuan mengubah non-game context yang salah satunya belajar dan mengajar menjadi jauh lebih menarik. Dalam penelitian ini dibuat suatu aplikasi untuk memantau perkembangan dari atlet khususnya cabang renang, dan sarana untuk memotivasi dari perkembangan setiap atlet dengan metode gamifikasi dengan framework Marczewski dan mengetahui tingkat penerimaan pengguna berdasarkan perceived usefulness dan perceived ease of use. Pengujian yang dilakukan terhadap atlet renang usia dini membuktikan aplikasi pembinaan atlet usia dini dengan metode gamifikasi telah berhasil memotivasi atlet dengan baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, aplikasi pembinaan atlet usia dini telah diuji kepada atlet renang pada Klub Piranha Tegal dengan hasil yang menunjukkan tingkat perceived usefulness sebesar 86% dan perceived ease of use sebesar 82,17%.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11267/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Nathaniel Pithendro, Enrico (2018) Rancang Bangun Aplikasi Pembinaan Atlet Renang Usia Dini Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus: Perkumpulan Renang Piranha Tegal). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>11267</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Nathaniel Pithendro, Enrico
title Rancang Bangun Aplikasi Pembinaan Atlet Renang Usia Dini Berbasis Mobile dengan Metode Gamifikasi (Studi Kasus: Perkumpulan Renang Piranha Tegal)
publishDate 2018
topic T58.5-58.64 Information technology
url http://kc.umn.ac.id/11267/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/11267/
contents Pembinaan olahraga merupakan faktor yang sangat penting dalam memajukan dunia olahraga, karena dengan pembinaan olahraga dapat meningkatkan prestasi dan semuanya tidak lepas dari campur tangan seorang pelatih. Sebagian besar mengatakan bahwa kesulitan dalam melatih anak usia dini adalah kurang konsentrasi dan kedisplinan dalam berlatih. Latihan yang dilakukan secara berulang setiap hari juga membuat jenuh para atlet. Gamifikasi adalah sebuah proses yang bertujuan mengubah non-game context yang salah satunya belajar dan mengajar menjadi jauh lebih menarik. Dalam penelitian ini dibuat suatu aplikasi untuk memantau perkembangan dari atlet khususnya cabang renang, dan sarana untuk memotivasi dari perkembangan setiap atlet dengan metode gamifikasi dengan framework Marczewski dan mengetahui tingkat penerimaan pengguna berdasarkan perceived usefulness dan perceived ease of use. Pengujian yang dilakukan terhadap atlet renang usia dini membuktikan aplikasi pembinaan atlet usia dini dengan metode gamifikasi telah berhasil memotivasi atlet dengan baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, aplikasi pembinaan atlet usia dini telah diuji kepada atlet renang pada Klub Piranha Tegal dengan hasil yang menunjukkan tingkat perceived usefulness sebesar 86% dan perceived ease of use sebesar 82,17%.
id IOS6965.11267
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-12-17T06:54:42Z
last_indexed 2019-12-17T06:54:42Z
recordtype dc
_version_ 1686477452267749376
score 17.538404