Rancang Bangun Sistem Prediksi Potensi Ketidakdisiplinan Siswa Menggunakan Naive Bayes Classifier (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Tangerang Selatan)

Main Author: Arief Prasetya, Rifqi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/11261/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/11261/
Daftar Isi:
  • Ketidakdisiplinan siswa di sekolah memiliki pengaruh pada prestasi. Tingginya tingkat ketidakdisiplinan siswa berbanding terbalik dengan prestasi yang dicapai. Layanan bimbingan dan konseling pada bagian BK merupakan metode penanganan ketidakdisiplinan pada institusi pendidikan. Faktor-faktor yang melatarbelakangi ketidakdisiplinan tiap siswa dapat menjadi acuan guru BK ketika melakukan bantuan konseling. Dapat dibangun sebuah sistem pendukung keputusan berbasis website yang dapat menemukan pola pada faktor ketidakdisiplinan dan memberikan hasil potensi ketidakdisiplinan siswa. Pemanfaatan algoritma klasifikasi Naive Bayes Classifier dan data-data masa lampau memungkinkan pengukuran potensi ketidakdisiplinan siswa sebelum terjadi pelanggaran. Hasil pengukuran potensi siswa dapat digunakan guru BK untuk menentukan metode konseling yang sesuai. Sistem berhasil diimplementasikan dengan persentase tingkat kepuasan pengguna sistem informasi sebesar 84%. Algoritma Naive Bayes Classifier juga berhasil diimplementasikan dengan persentase akurasi sebesar 82,35%.