Daftar Isi:
  • Manajemen keuangan merupakan ilmu pengetahuan yang tidak hanya penting untuk dipelajari melainkan juga penting untuk diterapkan dalam kehidupan masing- masing individu agar pendapatan dan pengeluaran dapat diatur keseimbangannya guna mencapai kebebasan keuangan (financial freedom). Dalam mengenali kondisi keuangan, motivasi bisa menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadapnya. Gamifikasi dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pencatatan keuangan pribadi dengan metode gamifikasi berbasis mobile dan mengetahui tingkat behavioral intention to use dan immersion menggunakan Marczewski Gamification Framework. Pengujian yang telah dilakukan kepada mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, pengusaha, dan manajer membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi pengguna untuk mengenali kondisi keuangan pribadi dengan baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, aplikasi ini telah dievaluasi menggunakan Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM) dengan mendapatkan hasil sebesar 82.73% yang menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat meningkatkan penggunaan kembali (Behavioral intention to use) di masa yang akan datang dan sebesar 66.56% yang menyatakan setuju bahwa apkikasi dapat meningkatkan perasaan pengguna untuk terbawa suasana (Immersion) dalam aplikasi.