ctrlnum 10489
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/10489/</relation><title>Rancang Bangun Aplikasi Pencatatan Keuangan Pribadi dengan Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Android</title><creator>Juwono, Firdayanti</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Manajemen keuangan merupakan ilmu pengetahuan yang tidak hanya penting untuk dipelajari melainkan juga penting untuk diterapkan dalam kehidupan masing- masing individu agar pendapatan dan pengeluaran dapat diatur keseimbangannya guna mencapai kebebasan keuangan (financial freedom). Dalam mengenali kondisi keuangan, motivasi bisa menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadapnya. Gamifikasi dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pencatatan keuangan pribadi dengan metode gamifikasi berbasis mobile dan mengetahui tingkat behavioral intention to use dan immersion menggunakan Marczewski Gamification Framework. Pengujian yang telah dilakukan kepada mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, pengusaha, dan manajer membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi pengguna untuk mengenali kondisi keuangan pribadi dengan baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, aplikasi ini telah dievaluasi menggunakan Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM) dengan mendapatkan hasil sebesar 82.73% yang menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat meningkatkan penggunaan kembali (Behavioral intention to use) di masa yang akan datang dan sebesar 66.56% yang menyatakan setuju bahwa apkikasi dapat meningkatkan perasaan pengguna untuk terbawa suasana (Immersion) dalam aplikasi.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10489/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Juwono, Firdayanti (2019) Rancang Bangun Aplikasi Pencatatan Keuangan Pribadi dengan Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>10489</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Juwono, Firdayanti
title Rancang Bangun Aplikasi Pencatatan Keuangan Pribadi dengan Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Android
publishDate 2019
topic T58.5-58.64 Information technology
url http://kc.umn.ac.id/10489/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10489/
contents Manajemen keuangan merupakan ilmu pengetahuan yang tidak hanya penting untuk dipelajari melainkan juga penting untuk diterapkan dalam kehidupan masing- masing individu agar pendapatan dan pengeluaran dapat diatur keseimbangannya guna mencapai kebebasan keuangan (financial freedom). Dalam mengenali kondisi keuangan, motivasi bisa menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadapnya. Gamifikasi dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pencatatan keuangan pribadi dengan metode gamifikasi berbasis mobile dan mengetahui tingkat behavioral intention to use dan immersion menggunakan Marczewski Gamification Framework. Pengujian yang telah dilakukan kepada mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, pengusaha, dan manajer membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi pengguna untuk mengenali kondisi keuangan pribadi dengan baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, aplikasi ini telah dievaluasi menggunakan Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM) dengan mendapatkan hasil sebesar 82.73% yang menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat meningkatkan penggunaan kembali (Behavioral intention to use) di masa yang akan datang dan sebesar 66.56% yang menyatakan setuju bahwa apkikasi dapat meningkatkan perasaan pengguna untuk terbawa suasana (Immersion) dalam aplikasi.
id IOS6965.10489
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-12-17T06:54:24Z
last_indexed 2019-12-17T06:54:24Z
recordtype dc
_version_ 1683865412454842368
score 17.538404