Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi kepuasan pasien yang meliputi: reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati) dan tangible (tampilan fisik) tenaga kesehatan di Puskesmas Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan terhadap kepuasan pasien. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dimana populasinya adalah pasien yang berobat di Puskesmas Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan setiap hari. Sampel yang diambil secara sampling incidental berdasarkan jumlah rata-rata kunjungan pasien setiap harinya yaitu sebanyak 60 orang. Metode analisis yang dgunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisa partial least square (PLS). untuk memperoleh hasil yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.