Analisis Pengaruh Belanja Iklan Terhadap Loyalitas Merek Dengan Persepsi Kualitas, Citra Toko dan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Klinik Kecantikan di Batam)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel belanja iklan, persepsi kualitas, citra toko dan kepuasan terhadap loyalitas merek. Loyalitas merek merupakan keputusan konsumen baik secara sadar maupun tidak sadar yang diungkapkan dengan perilaku pembelian kembali terhadap merek secara terus-menerus. Variabel ini menggunakan belanja iklan, persepsi kualitas, citra toko, dan kepuasan, untuk mengetahui seberapa loyal pelanggan terhadap merek. Dalam kondisi semakin maraknya persaingan merek dalam kategori produk tertentu, perusahaan harus memiliki merek yang kuat dan pelanggan yang loyal. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 200 orang responden. Responden merupakan pembeli dan pengguna perawatan di klinik kecantikan di Kota Batam. Responden diperoleh melalui teknik non-probability sampling dengan menggunakan judgmental sampling. Dari kuesioner yang telah disebarkan kemudian dikumpulkan kembali oleh penulis, kuesioner yang kembali akan diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif dari belanja iklan terhadap persepsi kualitas, citra toko, kepuasan dan loyalitas merek. Citra toko dan kepuasan juga berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas merek. Serta belanja iklan juga berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas merek dengan persepsi kualitas, citra toko dan kepuasan sebagai variabel mediasi.