Daftar Isi:
  • masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan banyak siswa yang mencontek serta mengandalkan teman yang pintar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN 6 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018, kecuali kelas VIII.1,VIII.2 dan VIII.3, karena kelas ini merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas VIII.15 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.11 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk essay dengan reliabilitas tes r11 = 0,88. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen maka statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji