Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Bandung Parfum Ke IM Parfum sampel berjumlah 120 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat Ketidakpuasan Konsumen (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum. Nilai thitung diperoleh sebesar 5,536 > ttabel sebesar 1,65 dengan signifikansi sebesar 0,000. Kedua, Terdapat Harga (X2) berpegaruh positif dan signifikan terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum. Nilai thitung diperoleh sebesar 4,470 > ttabel sebesar 1,65 dengan signifikansi sebesar 0,000. Ketiga, Terdapat Promosi (X3) berpegaruh positif dan signifikan terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum. Nilai thitung diperoleh sebesar 7,077 > ttabel sebesar 1,65 dengan signifikansi sebesar 0,000. Keempat, Terdapat Kualiats Produk (X4) berpegaruh positif dan signifikan terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum. Nilai thitung diperoleh sebesar 4,631 > ttabel sebesar 1,65 dengan signifikansi sebesar 0,000. Kelima, Terdapat Citra Merek (X5) berpegaruh positif dan signifikan terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum. Nilai thitung diperoleh sebesar 3,766 > ttabel sebesar dengan signifikansi sebesar 0,000. Keenam, Secara bersama-sama berpegaruh positif dan signifikan terhadap Brand Switching Bandung Parfum Ke IM Parfum. Dimana nilai Fhitung 38,519 > Ftabel 2,45 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05 nilai R2 sebesar 0,628 yang artinya 62,8%. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan beberapa saran, sebagai bentuk implementasi dari hasil penelitian ini sebagai berikut ini; 1) Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Brand Switching (Y), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Ketersediaan produk yang sudah lama dipakai, maka diharapkan konsumen untuk mencari informasi mengenai parfum. 2) Penelitian ini menunjukkan bahwa Ketidakpuasan Konsumen (X1), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator tidak sesuai harapan, maka diharapkan kepada konsumen untuk mengenal mengenal Parfum karena harumnya begitu wangi. 3) Penelitian ini menunjukkan bahwa Harga (X2), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Kesesuaian Antara Harga yang sesuai dengan manfaat, maka diharapkan pada konsumen untuk mengetahui harga karena harga sesuai dengan manfaatnya. 4) Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Promosi (X3), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Promosi Penjualan, maka diharapkan konsumen untuk melihat promosi parfum karena promosi parfum bisa meringankan pengeluaran konsumen. 5) Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X4), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Keistimewaan, maka diharapkan kepada konsumen untuk melihat keistimewaan produk parfum. 6) Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X5), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator kekuatn asosiasi merek, maka diharapkan kepada konsumen untuk mengetahui merek parfum yang handal.