Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) Disertai Teknik Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 9 Padang

Main Author: Desi, Oktafia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/2/14110023%20DESSI%20OKTAVIA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran fisika sehingga berakibat kepada hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Giving Question And Getting Answer (GQGA) disertai teknik tari bambu terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif, dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal uraian sebanyak 10 butir soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen 80,03 dan kelas kontrol 70,62. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 71 dan kelas kontrol 63. Selanjutnya dengan analisis uji t, thitung= 3,63 lebih besar dari ttabel= 1,675 (pada taraf nyata 0,05), dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Jadi penggunaan giving question and getting answer disertai teknik tari bambu lebih baik dari pada hasil belajar fisika dengan menerapkan pendekatan saintifik di Kelas XI IPA SMAN 9 Padang