Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) Disertai Teknik Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 9 Padang
Main Author: | Desi, Oktafia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/2/14110023%20DESSI%20OKTAVIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/ |
ctrlnum |
7310 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/</relation><title>Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) Disertai Teknik Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 9
Padang</title><creator>Desi, Oktafia</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran fisika sehingga berakibat kepada hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Giving Question And Getting Answer (GQGA) disertai teknik tari bambu terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 9 Padang.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif, dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal uraian sebanyak 10 butir soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata peserta didik kelas
eksperimen 80,03 dan kelas kontrol 70,62. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 71 dan kelas kontrol 63. Selanjutnya dengan analisis uji t, thitung= 3,63 lebih besar dari ttabel= 1,675 (pada taraf nyata 0,05), dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Jadi penggunaan giving question and getting answer disertai teknik tari bambu lebih baik dari pada hasil belajar fisika dengan
menerapkan pendekatan saintifik di Kelas XI IPA SMAN 9 Padang</description><date>2019-04-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/2/14110023%20DESSI%20OKTAVIA%20%28SKRIPSI%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Desi, Oktafia (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) Disertai Teknik Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 9 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumbar. </identifier><recordID>7310</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Desi, Oktafia |
title |
Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) Disertai Teknik Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 9
Padang |
publishDate |
2019 |
topic |
LC Special aspects of education |
url |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/2/14110023%20DESSI%20OKTAVIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7310/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran fisika sehingga berakibat kepada hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Giving Question And Getting Answer (GQGA) disertai teknik tari bambu terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 9 Padang.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif, dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal uraian sebanyak 10 butir soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata peserta didik kelas
eksperimen 80,03 dan kelas kontrol 70,62. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 71 dan kelas kontrol 63. Selanjutnya dengan analisis uji t, thitung= 3,63 lebih besar dari ttabel= 1,675 (pada taraf nyata 0,05), dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Jadi penggunaan giving question and getting answer disertai teknik tari bambu lebih baik dari pada hasil belajar fisika dengan
menerapkan pendekatan saintifik di Kelas XI IPA SMAN 9 Padang |
id |
IOS6178.7310 |
institution |
STKIP PGRI Sumatra Barat |
institution_id |
169 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat |
library_id |
435 |
collection |
Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat |
repository_id |
6178 |
subject_area |
Generalities(Karya Umum) |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6178 |
first_indexed |
2019-09-10T04:10:01Z |
last_indexed |
2019-09-25T11:10:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685976377527894016 |
score |
17.538404 |