Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Azwa Parfum Outlet Jati Padang (Studi Kasus Pelanggan Parfum Aurora Woman)

Main Author: Fenny, Fatmawaty
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1631/4/12090260%20FANNY%20FATMAWATY.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1631/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1631/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1631/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1631/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. 2) pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan. 3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. 4) pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli parfum Aurora Woman di Azwa Parfum outlet Jati Kota Padang. Sampel berjumlah 80 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dimana diperoleh nilai koefisien regresi 0,285 dan nilai thitung sebesar 5,605 > ttabel sebesar 1,664. Kedua harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dimana diperoleh nilai koefisien regresi 0,268 dan nilai thitung sebesar 5,089 > ttabel sebesar 1,664. Ketiga kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dimana diperoleh nilai koefisien regresi 0,486 dan nilai thitung sebesar 8,907 > ttabel sebesar 1,664. Keempat kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan, dimana diperoleh nilai Fhitung 848,360 > Ftabel 2,72. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, Pertama diharapkan kepada outlet agar lebih berinovasi dengan kemasan parfum, seperti kemasan botol yang menarik dan unik. Kedua diharapkan kepada outlet agar memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan yang belanja menggunakan kartu debit atau kredit, dan khusus kepada member agar diberikan potongan harga yang lebih besar dari sebelumnya. Ketiga diharapkan kepada outlet agar lebih memberikan pelayanan sesuai dengan janji dan bagi karyawan harus andal dalam mempertanggungjawabkan penanganan pelanggan dengan tepat waktu sehingga menimbulkan loyalitas pada pelanggan.