PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI INDIKATOR KINERJA NON-KEUANGAN TERHADAP PENDAPATAN PERUSAHAAN (Studi: Pada Industri Jasa Rumah Sakit di Kota Bengkulu)

Main Authors: Khairiah, Imamul, Nurna, Aziza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4410/1/I%2CII%2CIII-IMA-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/4410/2/IV%2CV-IMA-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/4410/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan (pasien) yang terdiri dari lima dimensi (relilability, tangibles, responsiveness,assurance, emphaty) terhadap tingkat pendapatan perusahaan rumah sakit/klinik di kota Bengkulu. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah melalui kuisioner yang diperoleh dari 162 responden pasien rumah sakit/klinik yang ada di kota Bengkulu. Data sekunder yang diperoleh berupa informasi data pendapatan dari masing-masing rumah sakit/klinik. Teknik pengambilan sampel rumah sakit/klinik menggunakan metode purposive sampling. Alat analisisa yang digunakan adalah tabel frekuensi, yang digunakan untuk melihat bagaimana penilaian pasien terhadap item-item pernyataan yang diajukan, sedangkan untuk melihat pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap pendapatan digunakan alat analisis Regresi Linier Sederhana Sederhana dengan program SPSS 12.0 Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan pelanggan tidak berpengaruh secara signifikan dengan sinifikansi > 0,05 terhadap pendapatan rumah sakit/klinik. Saran yang dapat dipertimbangkan terutama oleh manajemen masing-masing rumah sakit/klinik adalah walaupun variabel kepuasan pelanggan dan komplain ternyata tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan rumah sakit/klinik tapi untuk masa depan, kepuasan pelanggan sebagai indikator kinerja non-keuangan bisa menjadi ukuran dalam menentukan kebijakan keuangan masa depan perusahaan.