PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Authors: Ambar Ningsih, Wiwik Suci, Suana, Wayan, Maharta, Nengah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram , 2018
Online Access: http://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal/article/view/16
http://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal/article/view/16/32
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Blended learning berbasis schoology terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini menggunakan design penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Selanjutnya populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa XII IPA SMA Negeri 5 Metro dengan sampel yang terpilih melalui teknik purposive sampling yaitu XII IPA 1 dan 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan jamak untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain dan uji Independent Sample T-test . Nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas ekperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan kategori rendah bernilai 0,10. Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-test, nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang  dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, maka H0 ditolak. Jadi terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara siginifikan.Artinya penerapan blended learning berbasis schoology memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap kemampuan berpikir kritis.