Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang makna pesan Wuling Confero S Tahun 2017 versi “Coming Soon”. Objek yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah potongan-potongan adegan dalam iklan Wuling Confero S Tahun 2017 Versi “Coming Soon”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna pesan Wuling Confero S Tahun 2017 Versi “Coming Soon”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu iklan pada media televisi, iklan sebagai konstruksi pesan, pesan perusahaan yang mendengarkan impian – impian dari calon pembelinya dengan cara membuat produk berdasarkan apa yang diinginkan dari calon pembelinya, semiotika, semiotika komunikasi periklanan, semiotika Charles Sanders Peirce, kode dan teks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan paradigma konstruktivis, paradigma konstruktivis memiliki pandangan tersendiri terhadap media, serta teks yang dihasilkan. Dalam paradigma konstruktivis, media bukan hanya sekedar saluran bebas, namun media juga merupakan subjek yang mengkonstruksi realitas, lengkap dengan pandangan, siratan, serta pemaknaannya. Penelitian ini juga menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang diringkas ke dalam konsep triadik dengan menggunakan segitiga semiotik Peirce. Tiga hal yang dianalisis pada iklan dengan menggunakan segitiga semiotik Peirce, yaitu (1) Representament, (2) Object, (3) Interpretant. Dengan membagi tanda (representament) menjadi tiga yang lazim digunakan dalam kajian semiotika, yaitu (1) Ikon, (2) Indeks, dan (3) Simbol. Serta satu jenis dalam pengukuran kualitas tanda yang digunakan yaitu (1) Qualisign. Iklan Wuling Confero S Tahun 2017 Versi “Coming Soon” terbentuk sebuah makna pesan bahwa banyak keinginan dan impian keluarga tentang kenyamanan, dan wuling telah mewujudkan kenyamanan dalam berkendara dengan membuat produk mobil Wuling Confero S. Kata Kunci: Iklan televisi, makna pesan, semiotika, semiotika charles sanders pierce, iklan Wuling