Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi saat ini memudahkan para produsen dalam mengiklankan produknya menggunakan media sosial seperti Instagram. Strategi yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan nilai penjualan produk melalui elemen iklan, salah satunya ditentukan oleh Celebrity Endorser. Selain itu selebriti juga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap brand image dari iklan tersebut, keberhasilan upaya membangun brand image sangat ditentukan oleh persepsi konsumen terhadap selebriti yang menjadi iklan produk tersebut serta bisa membangun daya tarik merek pada targer pasar yang dituju. Pada Konsep Selebriti Endorser menurut Terence A. Shimp terdapat 5 dimensi celebrity endorser TEARS yaitu Trustworthiness,Expertise, Attractiveness, Respect dan Similarity. Dan konsep Brand Image didalam teori Runyon terdapat 3 dimensi yaitu Atribut Fisik,Atribut Psikologis,dan Atribut Fisik&Psikologis. Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif korelasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data teknik simple random sampling. Responden dari penelitian ini adalah Followers akun Instagram @shopee_id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas celebrity endorser memberikan kontribusi sebesar 71.6% pengaruhnya terhadap brand image yang berarti pengaruh kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh celebrity endorser terhadap brand image konsumen.