PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KERETA API (SURVEI PADA MAHASISWA MERCU BUANA PELANGGAN PT. KERETA API COMMUTER LINE JABODETABEK)
Daftar Isi:
- Di jaman globalisasi tingginya mobilitas masyarakat membuat sarana transportasi menjadi salah satu kebutuhan dan mempunyai peranan penting bagi masyarakat untuk membantu melakukan kegiatan sehari-hari. Kebutuhan jasa transportasi dengan kualitas pelayanan yang baik akan membuat masyarakat merasa puas dan loyal menggunakan jasa transportasi tersebut. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan peluang jasa transportasi adalah PT. KRL Jabodetabek Sebagai transportasi berbasis rel dengan kapasitas angkut penumpang yang tinggi, waktu tempuh terukur, ramah lingkungan, tidak membutuhkan space yang besar, dan tarif yang sangat terjangkau. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dari Tjiptono dan Chandra dan teori loyalitas pelanggan dari Kotler dan Keller. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Kereta Api. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 Mahasiswa Aktif Reguler 1 Universitas Mercu Buana dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian Kualitas Pelayanan (X) mempunyai nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (5,271 >1,983 ) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikansi terhadap Loyalitas Pelanggan. Kualitas Pelayanan berpengaruh sebesar 22,1% terhadap Loyalitas Pelanggan dan sisanya sebesar (100% - 22,1% = 77,9%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.