PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCTION, CONNECT, APPLY, REFLECTION AND EXTEND(ICARE) BERBASIS ONLINE GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI KELAS X SMA NEGERI 4 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: Afriani, Dini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Document
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.upiyptk.ac.id/2432/1/FKIP_DINI%20AFRIANI_15101156110027.pdf
http://repository.upiyptk.ac.id/2432/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Introduction, Connect, Apply, Reflection and Extend (ICARE) berbasis Online Google Form terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi kelas X SMA Negeri 4 Padag semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sampling. Sampel dalam penelitian ini, siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas control dengan jumlah siswa kelas eksperimen 32 siswa dan jumlah siswa kelas kontrol 32 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Introduction, Connect, Apply, Reflection and Extend (ICARE) berbasis Online Google Form dan kelas control diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dengan 5 alternatif pilihan jawaban. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas Eksperimen adalah 87,75 dan rata-rata kelas Kontrol adalah 80,37. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (pada taraf 5%) didapatkan nilai thitung = 2,363 dan ttabel = 1,99897sehingga diperoleh thitung>ttabel (2,363>1,99897). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Introduction, Connect, Apply, Reflection and Extend (ICARE) berbasis Online Google Form terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi kelas X SMA Negeri 4 Padag semester genap tahun ajaran 2018/2019.