PENGARUH PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Main Author: Marlena, Beta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3589/1/BETA%20MARLENA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3589/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1.Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. 2. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitan ini adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah 27 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1. Angket; 2. Tes; dan 3. Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan: 1. Ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite,Review (SQ3R) terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 4,511, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,674. karena thitung > ttabel (4,511 > 1,674) maka Ha diterima. 2). Ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,385, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,674. karena thitung > ttabel (3,385> 1,674) maka Ha diterima.