PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-B MTs. NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016
Main Author: | ASMU’I, MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5538/1/BAB%20I%20-V%20%2B%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.unram.ac.id/5538/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B MTs. Negeri 3 Mataram pada materi pokok kubus dan balok tahun pelajaran 2015-2016 melalui penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila rata-rata skor aktivitas belajar siswa minimal berkategori tinggi serta prestasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila rata-rata nilai hasil evaluasi siswa dengan ketuntasan klasikal minimal 85%. Aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan 1 dan 2 berkategori tinggi, serta siklus II pertemuan 1 dan 2 berkategori sangat tinggi. Rata-rata nilai hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus, yaitu pada siklus I rata-rata nilai hasil evaluasi belajar 62,88 dengan ketuntasan belajar 47,62% dan pada siklus II rata-rata nilai hasil evaluasi belajar 71,88 dengan ketuntasan belajar 85,71%. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B MTs. Negeri 3 Mataram pada materi pokok kubus dan balok tahun pelajaran 2015-2016.