PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | NISA, KHARISMA SAULATAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/12108/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan the posttest only design with nonequivalent groups. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi. Kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan memperoleh pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan kelas VIII A sebagai kelompok control memperoleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes uraian. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk melihat adanya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi. Berdasarkan hasil analisis data hasil posttest menunjukkan rata- rata kelas eksperimen sebesar 63,69 dan kelas kontrol sebesar 52,29 ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) lebih baik dibandingkan pembelajaran berpusat pada guru terhadap prestasi belajar siswa. Analisis data dengan uji-t pada taraf signifikan 5% thitung (4,35) ≥ ttabel (1,6734). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2018/2019.