Pengaruh e-wom dan advertising terhadap purchase decision produk busana syar'i SI.SE.SA. dengan brand awareness sebagai variabel intervening / Hamdan 'Afif Bahi
Main Author: | Bahi, Hamdan 'Afif |
---|---|
Other Authors: | 1. Heri Pratikto; 2. Titis Shinta Dhewi |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=103617 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Afif, Hamdan. 2020. Pengaruh E-WoM dan Advertising terhadap Purchase Decision Produk Busana Syar’i Si.Se.Sa dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening, Tesis, Jurusan Manajemen. Program Studi S2 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Heri Pratikto, M.Si & Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P, M.M. Kata Kunci: E-WoM, Advertising, Brand Awareness, Purchase Decision. Perkembangan teknologi digital saat ini menyebabkan pertumbuhan pada beberapa sektor industri, salah satunya yaitu industri fashion muslim khususnya di Indonesia yang semakin hari semakin meningkat. Peningkatan terebut terutama pada fashion muslim wanita. wanita muslim saat ini cenderung memperhatikan penampilan mulai dari kepala hingga pada ujung kaki. Tren fashion muslim wanita saat ini yaitu tren busana syar’i. Busana syar’i merupakan busana yang berasal dari timur tengah. Tidak hanya digunakan pada event-event tertentu, busana syar’i kerap digunakan wanita muslim Indonesia dalam kegiatan sehari-hari. Banyak faktor yang menyebabkan wanita muslim Indonesia untuk melakukan pembelian busana syar’i seperti electronic word of mouth dan advertising. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel E-WoM, Advertising, Brand Awareness, dan Purchase Decision, (2) Pengaruh E-WoM terhadap Brand Awareness, (3) Pengaruh Advertising terhadap Brand Awareness, (4) Pengaruh Brand Awareness terhadap Purchase Decision, (5) Pengaruh E-WoM terhadap Purchase Decision, (6) Pengaruh Advertising terhadap Purchase Decision, (7) Pengaruh E-WoM terhadap Purchase Decision melalui Brand Awareness, (8) Pengaruh Advertising terhadap Purchase Decision melalui Brand Awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan ekplanatori. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel sebesar 300 responden konsumen Busana Syar’i Si.Se.Sa. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan WarpPLS 6.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WoM berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, E-WoM tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase decision, advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, tidak terdapat pengaruh E-WoM terhadap purchase decision melalui brand awareness, dan terdapat pengaruh advertising terhadap purchase decision melalui brand awareness