Pengaruh Pemberian Guiding Question Pada Model Guided Discovery Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Praktikum IPA di SD dan Pemahaman Konsep IPA Mahasiswa S-1 PGSD

Main Author: Pramonoadi, Pramonoadi
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5591/1/2014_219.pdf
http://repository.ut.ac.id/5591/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mensinergikan konsep-konsep dasar dan teori yang diperoleh mahasiswa pada matakuliah Konsep Dasar IPA di SD dan Materi dan Pembelajaran IPA di SD dengan Praktikum IPA di SD untuk meningkatkan kinerja dan pemahaman konsep IPA. Kinerja dan pemahaman konsep IPA sangat penting ditanamkan kepada mahasiswa calon guru yang profesional. Dalam kinerja terkait dengan penumbuhan sikap ilmiah yang perlu dipupuk dan dikembangkan dalam diri mahasiswa. Rancangan penelitian dengan menggunakan PTK dengan tahapan perencanaan dengan mempersiapkan RAT, SAT, RTT, Instrumen pengambil data. Pelaksanaan dan observasi dilakukaan sesuai jadwal tutorial dari UPBJJ-UT, refleksi dengan berdiskusi dan olah data untuk penyempurnaan langkah yang belum sempurna dan dilakukan revisi dengan siklus berikutnya. Sasaran penelitiannya mahasiswa S1 PGSD pemrogram matakuliah praktikum IPA di SD Pokjar Jombang. Hasil guided question dengan guided discovery pada perkuliahan Praktikum IPA di SD dapat meningkatkan kinerja mahasiswa sebesar 3,042 dalam kategori baik. Meningkatkan pemahaman konsep IPA dengan gain 0,21 pada pra siklus ke siklus 1, gain 0,33 dari siklus 1 ke siklua 2 dan gain 0,60 dari siklus 2 ke siklus 3. Sikap ilmiah mahasiswa mengalami perubahan dan dalam kategori baik.