Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk “Olahan Durian” Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisaction Index (CSI) di PT. Deduren Winner Food Malang

Main Author: Sugeng, Monica Wulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4817/
Daftar Isi:
  • Durian merupakan salah satu komoditas buah yang banyak digemari oleh masyarakat dan memiliki prospek ekonomi yang cukup bagus untuk dijalankan atau dijadikan sebagai lahan usaha. Buah yang terkenal dengan julukan King of Fruit atau rajanya buah-buahan ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat luas. Maka dari itu, buah durian ini memiliki prospek ekonomi yang baik selain buah-buahan khas Indonesia lainnya karena memiliki banyak manfaat juga pemasaran yang selalu meningkat setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa buah yang khas akan aroma dan bentuknya ini semakin disukai oleh masyarakat. Berdasarkan data dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (2014) Jawa Timur merupakan sentra produksi yang memiliki kontribusi produksi Durian terbesar pada tahun 2012 -2013 yang awalnya diduduki oleh Provinisi Jawa Barat pada tahun 2011. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (2014) menyampaikan bahwa Malang merupakan wilayah ke-4 yang termasuk dalam lokasi sebaran produksi durian terbesar di Jawa Timur pada tahun 2013 sehingga menjadi peluang yang besar bagi para pengusaha untuk melakukan suatu usaha pemasaran durian yang mewakili Provinsi Jawa Timur , dan PT. DeDuren Winner Food merupakan salah satu perusahaan di Kota Malang yang menawarkan sajian produk olahan dengan bahan baku durian yang belum memiliki pesaing yang begitu signifikan. Meskipun demikian, perusahaan ini belum pernah melakukan peninjauan terkait kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen sehingga belum mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini dan upaya apa yang dapat dilakukan terhadap produknya untuk mempertahankan ataupun meningkatan kepuasan konsumennya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian terkait kualitas produk melalui analisis tingkat kepentingan atribut dan tingkat kepuasan konsumen di PT. DeDuren Winner Food Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui atribut produk apa saja yang dianggap penting oleh pelanggan/konsumen PT. DeDuren Winner Food Kota Malang. 2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk di PT. DeDuren Winner Food Kota Malang. Responden dalam penelitian ini adalah 68 orang pengunjung atau konsumen PT. DeDuren Winner Food. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan penyebaran kuisioner serta didukung oleh data sekunder seperti dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji instrument dan analisis tingkat kepentingan serta kepuasan konsumen menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya ialah atribut yang ialah informasi menu, rasa, harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, serta ii ukuran/volume dari produk olahan durian yang disajikan. Sedangkan atribut yang harus dipertahankan kinerjanya ialah atribut aroma, cara penyajian, kenyamanan, serta kemudahan dalam mendapatkan pelayanan. 2) Tingkat kepuasan konsumen pada produk olahan durian dari De Duren diperoleh sebesar 78 yang menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen berada pada kategori “puas” yang dibuktikan dengan adanya pengunjung yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali dalam waktu 1 hingga 2 bulan.