Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Susu “DAU” Dengan Model Kano (Studi Kasus di KUD “DAU” Sengkaling Malang)

Main Author: Dewa, Dimas Esa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4387/
ctrlnum 4387
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/4387/</relation><title>Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Susu &#x201C;DAU&#x201D; Dengan Model Kano (Studi Kasus di KUD &#x201C;DAU&#x201D; Sengkaling Malang)</title><creator>Dewa, Dimas Esa</creator><subject>658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions</subject><description>Perubahan yang terjadi dalam kebutuhan minuman sangat berhubungan dengan perubahan industri minuman. Dalam perkembangannya saat ini kebutuhan minuman dengan berbagai bentuk dan rasa telah dijadikan sebagai sarana usaha untuk mencari penghasilan. Koperasi Unit Desa (KUD) &#x201C;DAU&#x201D; ikut ambil bagian dalam bisnis minuman susu yang perkembangannya cukup pesat di kota Malang. Koperasi Unit Desa (KUD) &#x201C;DAU&#x201D; merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi susu segar dan susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi di KUD &#x201C;DAU&#x201D; ada lima macam rasa yaitu rasa coklat, rasa strawberry, rasa mocca, rasa melon, dan rasa durian. KUD &#x201C;DAU&#x201D; mampu memproduksi susu pasteurisasi kurang lebih 3.000 cup/hari. Pemahaman atas kepuasan pelanggan pada akhirnya akan dapat memenuhi ekspetasi konsumen yang langsung mempengaruhi kinerja penjualan. Oleh karena itu, perlu adanya pengukuran dalam rangka melakukan penyesuaian terhadap karakteristik konsumsi orang Malang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut produk dan faktor apa yang perlu untuk dilakukan perbaikan beserta masukan dari konsumen untuk KUD &#x201C;DAU&#x201D; dalam upaya untuk meningkatkan daya beli.&#xD; Model Kano adalah model yang dapat mengklasifikasikan tiap-tiap atribut dari produk berdasarkan pengamatan konsumen dan akibatnya berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Model Kano merupakan suatu model yang bertujuan mengkategorikan atribut&#x2013;atribut dari produk atau jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebutuhan pelanggan. Hasil kategori yang&#xD; diperoleh dari tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan metode kano adalah kategori attractive, kategori indifferent, kategori one dimensional. Nilai IBT yang tertinggi dari semua atribut KUD &#x201C;DAU&#x201D; yaitu atribut informasi kehalalan produk dengan nilai IBT 0,67. Atribut tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasab konsumen. Atribut yang harus ada pada KUD &#x201C;DAU&#x201D; dan harus diperbaiki adalah atribut tentang informasi kehalalan produk. Nilai IWT dari atribut ini yaitu -0,66, dengan adanya atribut ini tentunya produk akan disukai oleh para konsumennya.</description><date>2017-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Dewa, Dimas Esa (2017) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Susu &#x201C;DAU&#x201D; Dengan Model Kano (Studi Kasus di KUD &#x201C;DAU&#x201D; Sengkaling Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2017/581/051710038</relation><recordID>4387</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Dewa, Dimas Esa
title Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Susu “DAU” Dengan Model Kano (Studi Kasus di KUD “DAU” Sengkaling Malang)
publishDate 2017
topic 658.834 3 Consumer attitudes
preferences
reactions
url http://repository.ub.ac.id/4387/
contents Perubahan yang terjadi dalam kebutuhan minuman sangat berhubungan dengan perubahan industri minuman. Dalam perkembangannya saat ini kebutuhan minuman dengan berbagai bentuk dan rasa telah dijadikan sebagai sarana usaha untuk mencari penghasilan. Koperasi Unit Desa (KUD) “DAU” ikut ambil bagian dalam bisnis minuman susu yang perkembangannya cukup pesat di kota Malang. Koperasi Unit Desa (KUD) “DAU” merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi susu segar dan susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi di KUD “DAU” ada lima macam rasa yaitu rasa coklat, rasa strawberry, rasa mocca, rasa melon, dan rasa durian. KUD “DAU” mampu memproduksi susu pasteurisasi kurang lebih 3.000 cup/hari. Pemahaman atas kepuasan pelanggan pada akhirnya akan dapat memenuhi ekspetasi konsumen yang langsung mempengaruhi kinerja penjualan. Oleh karena itu, perlu adanya pengukuran dalam rangka melakukan penyesuaian terhadap karakteristik konsumsi orang Malang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut produk dan faktor apa yang perlu untuk dilakukan perbaikan beserta masukan dari konsumen untuk KUD “DAU” dalam upaya untuk meningkatkan daya beli. Model Kano adalah model yang dapat mengklasifikasikan tiap-tiap atribut dari produk berdasarkan pengamatan konsumen dan akibatnya berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Model Kano merupakan suatu model yang bertujuan mengkategorikan atribut–atribut dari produk atau jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebutuhan pelanggan. Hasil kategori yang diperoleh dari tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan metode kano adalah kategori attractive, kategori indifferent, kategori one dimensional. Nilai IBT yang tertinggi dari semua atribut KUD “DAU” yaitu atribut informasi kehalalan produk dengan nilai IBT 0,67. Atribut tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasab konsumen. Atribut yang harus ada pada KUD “DAU” dan harus diperbaiki adalah atribut tentang informasi kehalalan produk. Nilai IWT dari atribut ini yaitu -0,66, dengan adanya atribut ini tentunya produk akan disukai oleh para konsumennya.
id IOS4666.4387
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:32:03Z
last_indexed 2021-10-18T02:09:56Z
recordtype dc
_version_ 1751453609003843584
score 17.538404