Hubungan Kompetisi, Meniru, Komitmen dan Penenang terhadap Konsumsi Rokok (Studi Pada Mahasiswa D3 dan S1 Universitas Brawijaya)

Main Authors: Fadhilah, Muhammad, Ari Irawan, SE., MM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192736/1/0520030152-%20Muhammad%20Fadhilah.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192736/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan bahwa Motif Kelompok Pertemanan dengan variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) secara simultan berpengaruh dengan Konsumsi Rokok (Y); serta 2) Mengetahui dan menjelaskan bahwa Motivasi Belanja Hedonis dengan variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) secara parsial berpengaruh terhadap Konsumsi Rokok (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari 4 variabel, yaitu Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) sedangkan variabel terikatnya terdiri dari 1 variabel, yaitu Konsumsi Rokok (Y). Sampel penelitian ini sebanyak 116 orang responden mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang dalam lingkungan pertemanan yang merupakan perokok aktif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara pengambilan sampe menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada responden yang telah memenuhi kriteria. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motif Kelompok Pertemanan dengan variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y). Kemudian, masing-masing variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Penenang (X4) secara parsial turut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Konsumsi Rokok (Y). Sedangkan variabel Komitmen (X3) secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap Konsumsi Rokok (Y)