Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Industri Toko Kue Iwan Menggunakan Pendekatan Fuzzy Logic untuk mengetahui kepuasan pada pelanggan terhadap pelayanan dan produk yang di tawarkan dengan menggunakan Fuzzy Logic

Main Authors: Yuliastuti, Siska, Ir. Nasir Widha Setyanto, ST., MT., IPM., ASEAN Eng
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190800/1/Siska%20Yuliastuti.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190800/
Daftar Isi:
  • Toko kue yang di teliti adalah took kue atau yang di kenal anyak orang adalah took kue iwan, took kue iwan terletak di daerah Senggigi, Lombok, Mataram. Took kue iwan hanya memiliki 1 cabaang. Jumlah pekerja dari toko kue iwan 10 pekerja. Toko kue iwan menyajikan beberapa jenis kue yaitu kue kering yang di kemas menggunakan toples, ada juga kue basah dan beberapa jenis minuman. Toko kue iwan tidak hanya melayani makan take away tetapi melayani. Mengukur kepuasan pelnggan pada toko kue iwa, agar pemilik toko kue tersebut mengetahui kepuasan para pelanggannya. Metode yang di gunakan untuk mengetahui kepuasan pada pelanggan adalah Fuzzy logic untuk mengetahui kepuasan ke pelanggan. Untuk mengetahui tingkat kepuasannya dengan menyebar kuisoner, dimana kuisoner di bagikan kepada pelanggan yang sebelumnya di tanyakan terlebih dahulu. Dalam pengisian kuisoner, terdapat 2 petanyaan yaitu pertanyaan produk dan petanyaan pelayanan. Kuisoner produk menngambil 100 responden yang di ambil dari kesimpulan rata- rata dengan 10 pertnyaan. Untuk kuisoner pelayanan mengambil 100 responden dengan 8 pertanyaan. Selanjutnya metode yang digunakan adalah menghitung uji validitas kuisoner. Penghitungan uji validitas di lakukan terpisah produk dengan pelayanan untuk mengetahui validnya rekapulasi yang telah di paparkan. Pengujjian kuisoner tidak smapai validitas,di lanjutkan menguji reliabilitas agar mengetahui kepuasan pelanggan yang telah di hitung menggunakan excel di ketahui nilai rebilitasnya mengenai produk mendapatkan 0,803 sedangkan unuk pelayanannya 0,790 yang dapay di artikan nilai alpha cronbach dari kuisoner kepuasan pelanggan >0,60. Dengan ketentuan lain, reabel atu tidaknya nilai kuisoner perlu dibandingkan dengan reabilitas yang ada. Perhitungan dengan metode fuzzy nilai tingkat para pelnggan adalah puas atau nilai tingkat puasnya sebesar 0,65. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan tingkat kepuasan pada konsuen yang di miliki 3,5 dan kepuasan pada peayanan yang diberikan 3,6. Dengan hasil perhitungan fuzzy tzukamono yaitu kepuasan 3,6 yang di kondisikan puas dengan nilai fungsi keanggotaan 0,65. Dari aspek dan dari aspek pelayanan dapat di lakukan perbaikan seperti dalam segi produk segi raya atau dalam segi penampilan dan untuk pelayan di lakukan perbaikan modivikasi cafĂ© lebih menarik untuk semua pelnggan. Saran yang diberikan membangun tingkat survey penyimpanan prses analisis hasil survey yang pernah ada.