Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Philosophy of Juice Kota Bandung

Main Authors: Syaban, Akila Setia Nur, Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA., Andrean Eka Hardana, SP., MP., MBA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/1/AKILA%20SETIA%20NUR%20SYA%60BAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/
Daftar Isi:
  • Atribut produk merupakan sebuah instrument yang melekat pada sebuah produk yang dapat mendeskripsikan serta memberikan kesan produk terhadap konsumen. Atribut produk dijadikan tolak ukur oleh konsumen untuk mau membeli dan menginformasikan produknya kepada orang lain yang dirasa membutuhkan produk tersebut. Atribut produk juga dapat dijadikan sebuah alasan untuk evaluasi sebuah kegiatan usaha berdasarkan dari pengalaman pembelian oleh konsumen terhadap produk yang dikonsumsinya. Philosophy of Juice merupakan sebuah kegiatan usaha yang bergerak di bidang industri minuman ringan yang memberikan nilai tambah terhadap atribut produk yang diberikan untuk konsumen. Persaingan usaha yang cukup ketat mengharuskan Philosophy of Juice melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang ditawarkan kepada konsumen. Penelitian yang telah banyak dilakukan tentang pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian oleh konsumen banyak berfokus kepada atribut fisik produk. Penelitian ini akan berfokus membahas tentang atribut produk diantaranya variabel fisik produk (physical product), psikologis produk (psychological product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service product). Atribut-atribut diatas merupakan fokus penelitian yang dilakukan terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh Philosophy of Juice. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung pada bulan Juli hingga Agustus tahun 2021. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder, yang disebar melalui google form kepada konsumen Philosophy of Juice di Kota Bandung dan buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara struktur melalui kuisioner dan wawancara tidak terstruktur kepada pemilik usaha. Data tersebut diolah menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS. Tahapan dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Data yang telah dianalisis nantinya akan diketahui karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dan usia serta hubungan setiap variabel independen terhadap variabel dependen. Adapun hipotesis dalam penelitian ini sebanyak 3 yang akan diuji kebenarannya menggunakan uji f dan uji t. Setelah diketahui hasil dari setiap pengujian maka hasil tersebut akan dijelaskan dengan didukung oleh teori-teori yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif yang diberikan atribut produk fisik produk (physical product), psikologis produk (psychological product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service product) terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai f hitung sebesar 53,312 dan nilai R square 0,741. Pengaruh variabel fisik produk (physical product) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,354 > 2,000. Begitupun dengan variabel psikologis produk (psychological product) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,425 > 2,000. iii vii Pengaruh signifikan juga diberikan oleh variabel produk pelayanan konsumen (consumer service product) terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 1,966 > 1,671. Variabel fisik produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel produk pelayanan konsumen menjadi variabel yang paling kecil pengaruhnya terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut disebabkan oleh masih kurangnya pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha terhadap konsumen yang datang untuk membeli