Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Philosophy of Juice Kota Bandung
Main Authors: | Syaban, Akila Setia Nur, Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA., Andrean Eka Hardana, SP., MP., MBA. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/1/AKILA%20SETIA%20NUR%20SYA%60BAN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/ |
ctrlnum |
190625 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/</relation><title>Pengaruh Atribut Produk
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Philosophy of Juice Kota
Bandung</title><creator>Syaban, Akila Setia Nur</creator><creator>Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA.</creator><creator>Andrean Eka Hardana, SP., MP., MBA.</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Atribut produk merupakan sebuah instrument yang melekat pada sebuah
produk yang dapat mendeskripsikan serta memberikan kesan produk terhadap
konsumen. Atribut produk dijadikan tolak ukur oleh konsumen untuk mau
membeli dan menginformasikan produknya kepada orang lain yang dirasa
membutuhkan produk tersebut. Atribut produk juga dapat dijadikan sebuah alasan
untuk evaluasi sebuah kegiatan usaha berdasarkan dari pengalaman pembelian
oleh konsumen terhadap produk yang dikonsumsinya. Philosophy of Juice
merupakan sebuah kegiatan usaha yang bergerak di bidang industri minuman
ringan yang memberikan nilai tambah terhadap atribut produk yang diberikan
untuk konsumen. Persaingan usaha yang cukup ketat mengharuskan Philosophy of
Juice melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang ditawarkan kepada
konsumen. Penelitian yang telah banyak dilakukan tentang pengaruh atribut
produk terhadap keputusan pembelian oleh konsumen banyak berfokus kepada
atribut fisik produk. Penelitian ini akan berfokus membahas tentang atribut produk
diantaranya variabel fisik produk (physical product), psikologis produk
(psychological product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service
product). Atribut-atribut diatas merupakan fokus penelitian yang dilakukan
terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh Philosophy of Juice.
Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung pada bulan Juli hingga Agustus
tahun 2021. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder, yang
disebar melalui google form kepada konsumen Philosophy of Juice di Kota
Bandung dan buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara struktur melalui kuisioner
dan wawancara tidak terstruktur kepada pemilik usaha. Data tersebut diolah
menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS. Tahapan
dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi
linear berganda. Data yang telah dianalisis nantinya akan diketahui karakteristik
responden berdasarkan jenis kelamin dan usia serta hubungan setiap variabel
independen terhadap variabel dependen. Adapun hipotesis dalam penelitian ini
sebanyak 3 yang akan diuji kebenarannya menggunakan uji f dan uji t. Setelah
diketahui hasil dari setiap pengujian maka hasil tersebut akan dijelaskan dengan
didukung oleh teori-teori yang relevan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif yang diberikan
atribut produk fisik produk (physical product), psikologis produk (psychological
product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service product) terhadap
keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai f
hitung sebesar 53,312 dan nilai R square 0,741. Pengaruh variabel fisik produk
(physical product) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,354 > 2,000. Begitupun dengan
variabel psikologis produk (psychological product) berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,425 > 2,000.
iii
vii
Pengaruh signifikan juga diberikan oleh variabel produk pelayanan konsumen
(consumer service product) terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung >
t tabel yaitu 1,966 > 1,671. Variabel fisik produk merupakan variabel yang
memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel
produk pelayanan konsumen menjadi variabel yang paling kecil pengaruhnya
terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut disebabkan oleh
masih kurangnya pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha terhadap konsumen
yang datang untuk membeli</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/1/AKILA%20SETIA%20NUR%20SYA%60BAN.pdf</identifier><identifier> Syaban, Akila Setia Nur and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA. and Andrean Eka Hardana, SP., MP., MBA. (2021) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Philosophy of Juice Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521040189</relation><identifier>0521040189</identifier><recordID>190625</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Syaban, Akila Setia Nur Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA. Andrean Eka Hardana, SP., MP., MBA. |
title |
Pengaruh Atribut Produk
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Philosophy of Juice Kota
Bandung |
publishDate |
2021 |
isbn |
9780521040181 |
topic |
338.1 Agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/1/AKILA%20SETIA%20NUR%20SYA%60BAN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625/ |
contents |
Atribut produk merupakan sebuah instrument yang melekat pada sebuah
produk yang dapat mendeskripsikan serta memberikan kesan produk terhadap
konsumen. Atribut produk dijadikan tolak ukur oleh konsumen untuk mau
membeli dan menginformasikan produknya kepada orang lain yang dirasa
membutuhkan produk tersebut. Atribut produk juga dapat dijadikan sebuah alasan
untuk evaluasi sebuah kegiatan usaha berdasarkan dari pengalaman pembelian
oleh konsumen terhadap produk yang dikonsumsinya. Philosophy of Juice
merupakan sebuah kegiatan usaha yang bergerak di bidang industri minuman
ringan yang memberikan nilai tambah terhadap atribut produk yang diberikan
untuk konsumen. Persaingan usaha yang cukup ketat mengharuskan Philosophy of
Juice melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang ditawarkan kepada
konsumen. Penelitian yang telah banyak dilakukan tentang pengaruh atribut
produk terhadap keputusan pembelian oleh konsumen banyak berfokus kepada
atribut fisik produk. Penelitian ini akan berfokus membahas tentang atribut produk
diantaranya variabel fisik produk (physical product), psikologis produk
(psychological product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service
product). Atribut-atribut diatas merupakan fokus penelitian yang dilakukan
terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh Philosophy of Juice.
Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung pada bulan Juli hingga Agustus
tahun 2021. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder, yang
disebar melalui google form kepada konsumen Philosophy of Juice di Kota
Bandung dan buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara struktur melalui kuisioner
dan wawancara tidak terstruktur kepada pemilik usaha. Data tersebut diolah
menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS. Tahapan
dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi
linear berganda. Data yang telah dianalisis nantinya akan diketahui karakteristik
responden berdasarkan jenis kelamin dan usia serta hubungan setiap variabel
independen terhadap variabel dependen. Adapun hipotesis dalam penelitian ini
sebanyak 3 yang akan diuji kebenarannya menggunakan uji f dan uji t. Setelah
diketahui hasil dari setiap pengujian maka hasil tersebut akan dijelaskan dengan
didukung oleh teori-teori yang relevan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif yang diberikan
atribut produk fisik produk (physical product), psikologis produk (psychological
product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service product) terhadap
keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai f
hitung sebesar 53,312 dan nilai R square 0,741. Pengaruh variabel fisik produk
(physical product) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,354 > 2,000. Begitupun dengan
variabel psikologis produk (psychological product) berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,425 > 2,000.
iii
vii
Pengaruh signifikan juga diberikan oleh variabel produk pelayanan konsumen
(consumer service product) terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung >
t tabel yaitu 1,966 > 1,671. Variabel fisik produk merupakan variabel yang
memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel
produk pelayanan konsumen menjadi variabel yang paling kecil pengaruhnya
terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut disebabkan oleh
masih kurangnya pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha terhadap konsumen
yang datang untuk membeli |
id |
IOS4666.190625 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:23:50Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:23:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456348962291712 |
score |
17.538404 |