Analisis Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh Di Pandaan Kabupaten Pasuruan
Main Authors: | Wibowo, Rizky Ari, Sunarti,, Dr, S.Sos, MAB |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189570/1/135030801111019%20-%20Rizky%20Ari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189570/ |
ctrlnum |
189570 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189570/</relation><title>Analisis Strategi Pengembangan
Usaha Rumah Makan Ayam Bakar
Abah Sholeh Di Pandaan Kabupaten
Pasuruan</title><creator>Wibowo, Rizky Ari</creator><creator>Sunarti,, Dr, S.Sos, MAB</creator><subject>658 General management</subject><description>Rumah makan merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti
pengusaha dengan pertimbangan bahwa masakan mempunyai ciri khas yang
disukai berbagai kalangan masyarakat. Hal itu memicu persaingan yang ketat
antara rumah makan lainnya. Padahal bila dilihat dari jenis produk yang
ditawarkan, rumah makan Abah Sholeh memiliki diferensiasi yang sangat sedikit
bahkan cenderung sama. Dengan demikian usaha rumah makan ini memerlukan
strategi yang tepat agar dapat terus bertahan dan berkembang. Oleh karena itu,
Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh harus dapat menyusun strategi
pengembangan usaha yang tepat agar rumah makannya dapat bersaing secara
kompetitif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan
menentukan strategi pengembangan usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah
Sholeh di Pandaan Kabupaten Pasuruan berdasarkan analisis SWOT, faktor
Internal dan Eksternal.
Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa saat ini Rumah Makan Ayam
Bakar Abah Sholeh mempunyai kekuatan dan peluang yang besar untuk dapat
bersaing. Berdasarkan analisis bahwa strategi yang harus diterapkan pada Rumah
Makan Ayam Bakar Abah Sholeh haruslah mendukung kebijakan pertumbuhan
yang agresif (growth oriented strategy). Strategi ini didesain untuk mencapai
pertumbuhan baik dalam penjualan, aset, profit maupun kombinasi ketiganya. Hal
ini dapat dicapai dengan cara menurunkan harga, mengembangkan produk baru,
menambah kualitas produk atau jasa, atau meningkatkan akses ke pasar yang lebih
luas yaitu strategi intensif. Disamping itu terdapat penerapan strategi lainnya yaitu
alternatif strategi SO yang didesain untuk meningkatkan kompetitif usaha Rumah
Makan Ayam Bakar Abah Sholeh yang berdampak pada volume penjualan dan
pertumbuhan profit sehingga menjadikan rumah makan ini semakin berkembang
untuk kedepannya dan mampu bertahan ditengah-tengah maraknya pengusaha
yang membuka usaha rumah makan Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya strategi
pengembangan yang sesuai bagi Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh di
Pandaan Kabupaten Pasuruan adalah strategi agresif yakni strategi yang
menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang.</description><date>2021-12-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189570/1/135030801111019%20-%20Rizky%20Ari.pdf</identifier><identifier> Wibowo, Rizky Ari and Sunarti,, Dr, S.Sos, MAB (2021) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh Di Pandaan Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521030142</relation><identifier>0521030142</identifier><recordID>189570</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wibowo, Rizky Ari Sunarti,, Dr, S.Sos, MAB |
title |
Analisis Strategi Pengembangan
Usaha Rumah Makan Ayam Bakar
Abah Sholeh Di Pandaan Kabupaten
Pasuruan |
publishDate |
2021 |
isbn |
1350308011110 9780521030144 |
topic |
658 General management |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189570/1/135030801111019%20-%20Rizky%20Ari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189570/ |
contents |
Rumah makan merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti
pengusaha dengan pertimbangan bahwa masakan mempunyai ciri khas yang
disukai berbagai kalangan masyarakat. Hal itu memicu persaingan yang ketat
antara rumah makan lainnya. Padahal bila dilihat dari jenis produk yang
ditawarkan, rumah makan Abah Sholeh memiliki diferensiasi yang sangat sedikit
bahkan cenderung sama. Dengan demikian usaha rumah makan ini memerlukan
strategi yang tepat agar dapat terus bertahan dan berkembang. Oleh karena itu,
Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh harus dapat menyusun strategi
pengembangan usaha yang tepat agar rumah makannya dapat bersaing secara
kompetitif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan
menentukan strategi pengembangan usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah
Sholeh di Pandaan Kabupaten Pasuruan berdasarkan analisis SWOT, faktor
Internal dan Eksternal.
Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa saat ini Rumah Makan Ayam
Bakar Abah Sholeh mempunyai kekuatan dan peluang yang besar untuk dapat
bersaing. Berdasarkan analisis bahwa strategi yang harus diterapkan pada Rumah
Makan Ayam Bakar Abah Sholeh haruslah mendukung kebijakan pertumbuhan
yang agresif (growth oriented strategy). Strategi ini didesain untuk mencapai
pertumbuhan baik dalam penjualan, aset, profit maupun kombinasi ketiganya. Hal
ini dapat dicapai dengan cara menurunkan harga, mengembangkan produk baru,
menambah kualitas produk atau jasa, atau meningkatkan akses ke pasar yang lebih
luas yaitu strategi intensif. Disamping itu terdapat penerapan strategi lainnya yaitu
alternatif strategi SO yang didesain untuk meningkatkan kompetitif usaha Rumah
Makan Ayam Bakar Abah Sholeh yang berdampak pada volume penjualan dan
pertumbuhan profit sehingga menjadikan rumah makan ini semakin berkembang
untuk kedepannya dan mampu bertahan ditengah-tengah maraknya pengusaha
yang membuka usaha rumah makan Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya strategi
pengembangan yang sesuai bagi Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh di
Pandaan Kabupaten Pasuruan adalah strategi agresif yakni strategi yang
menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. |
id |
IOS4666.189570 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-04-15T02:38:30Z |
last_indexed |
2022-04-15T02:38:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456340174176256 |
score |
17.538404 |