Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Agroindustri Berbasis Ekowisata Amadanom Di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang

Main Author: Abadi, Mohamad Setyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173224/1/Mohamad%20Setyo%20Abadi%20155040101111028%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/173224/
ctrlnum 173224
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/173224/</relation><title>Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Agroindustri Berbasis&#xD; Ekowisata Amadanom Di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit,&#xD; Kabupaten Malang</title><creator>Abadi, Mohamad Setyo</creator><subject>658.8 Managemet of marketing</subject><description>Pengembangan agroindustri dapat dilakukan dengan pemanfaatan alam&#xD; untuk menciptakan nilai tambah dan menciptakan sektor industri baru seperti&#xD; wisata alam. Pengembangan agroindustri dengan mengembangkan wisata berbasis&#xD; alam tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satu&#xD; agroindustri yang mengolah produk dan memanfaatkan alam sebagai tempat&#xD; wisata adalah agroindustri kopi bubuk kelompok tani &#x201C;Tani Harapan&#x201D;. Kelompok&#xD; tani tersebut melakukan pengolahan produk kopi bubuk dan mendirikan ekowisata&#xD; Amadanom. Kendala-kendala yang dihadapi oleh kelompok tani tersebut antara&#xD; lain adalah merek yang belum paten, pasifnya kegiatan pemasaran yang dilakukan&#xD; yang berdampak pada penurunan volume penjualan sehingga pendapatan&#xD; agroindustri tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan&#xD; menganalisis gambaran faktor internal dan faktor eksternal pemasaran&#xD; agroindustri dan merumuskan alternatif strategi pemasaran dan prioritas strategi&#xD; pemasaran bagi agroindustri kopi bubuk kelompok tani &#x201C;Tani harapan&#x201D;. Sehingga&#xD; penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan perusahaan dalam&#xD; merencanakan strategi pemasaran.&#xD; Pendekatan penelitian mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.&#xD; Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive pada agroindustri&#xD; pengolahan kopi bubuk kelompok tani &#x201C;Tani Harapan&#x201D;, Desa Amadanom,&#xD; Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang dengan pertimbangan bahwa kecamatan&#xD; dampit menjadi sentra penghasil kopi di Kabupaten Malang. Metode penentuan&#xD; responden mengunakan teknik judgment sampling dengan memilih delapan&#xD; informan yang mempunyai pengetahuan spesifik di lokasi penelitian. Metode&#xD; analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP-SWOT&#xD; yang merupakan pengabungan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan&#xD; Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT). SWOT digunakan&#xD; untuk mengetahui gambaran faktor internal dan faktor eksternal agroindustri serta&#xD; menghasilkan strategi alternatif yang didasarkan kondisi internal dan eksternal&#xD; agroindustri. Sedangkan analisis AHP digunakan dalam penentuan bobot dari tiap&#xD; tingkatannya dan memberikan penilaian untuk mengetahui prioritas strategi yang&#xD; dihasilkan dalam matriks SWOT.&#xD; Berdasarkan hasil analisis strategi pemasaran pada agroindustri kopi bubuk&#xD; kelompok tani &#x201C;Tani Harapan&#x201D; faktor internal kekuatan dengan nilai tertinggi&#xD; yaitu faktor produk kopi bubuk yang merupakan produk kopi bubuk organik, dan&#xD; mempunyai cita rasa yang khas dengan nilai (0,428), sedangkan faktor internal&#xD; kelemahan tertinggi adalah kegiatan promosi ke masyarakat secara luas belum&#xD; dilakukan. Faktor eksternal mencakup faktor peluang dan ancaman. Faktor&#xD; peluang yang mempunyai nilai tertinggi adalah faktor pemasaran secara online&#xD; dengan nilai (0,584) dan faktor ancaman yang mempunyai nilai tertinggi adalahii&#xD; pesaing yang melakukan digital marketing dengan nilai (0,384). Berdasarkan hasil&#xD; analisis posisi perusahaan berada pada kuadran III yaitu perusahaan perlu&#xD; meminimalkan kelemahan perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada.&#xD; Alternatif strategi yang direkomendasikan pada kuadran III adalah strategi&#xD; Weaknesses-Opportunities (WO). Dari enam strategi alternatif WO yang&#xD; direkomendasikan alternatif strategi melakukan pemasaran online melalui media&#xD; sosial mempunyai nilai tertinggi dengan nilai (0,284). Dari hasil penelitian&#xD; tersebut disarankan bagi pemerintah membantu mempercepat pengurusan hak&#xD; paten merek. Selain itu pemerintah, perguruan tinggi dan pihak swasta perlu untuk&#xD; memberikan pelatihan terkait promosi dan pemasaran online. Bagi agroindustri&#xD; perlu mempertahankan kualitas pengolahan dan kualitas produk. Selain itu&#xD; kelompok tani juga perlu menambah fasilitas di ekowisata agar dapat menarik&#xD; minat pengunjung datang ke ekowisata.</description><date>2019-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/173224/1/Mohamad%20Setyo%20Abadi%20155040101111028%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Abadi, Mohamad Setyo (2019) Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Agroindustri Berbasis Ekowisata Amadanom Di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2019/342/051907080</relation><recordID>173224</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Abadi, Mohamad Setyo
title Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Agroindustri Berbasis Ekowisata Amadanom Di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang
publishDate 2019
isbn 2015504010111
topic 658.8 Managemet of marketing
url http://repository.ub.ac.id/173224/1/Mohamad%20Setyo%20Abadi%20155040101111028%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/173224/
contents Pengembangan agroindustri dapat dilakukan dengan pemanfaatan alam untuk menciptakan nilai tambah dan menciptakan sektor industri baru seperti wisata alam. Pengembangan agroindustri dengan mengembangkan wisata berbasis alam tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satu agroindustri yang mengolah produk dan memanfaatkan alam sebagai tempat wisata adalah agroindustri kopi bubuk kelompok tani “Tani Harapan”. Kelompok tani tersebut melakukan pengolahan produk kopi bubuk dan mendirikan ekowisata Amadanom. Kendala-kendala yang dihadapi oleh kelompok tani tersebut antara lain adalah merek yang belum paten, pasifnya kegiatan pemasaran yang dilakukan yang berdampak pada penurunan volume penjualan sehingga pendapatan agroindustri tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis gambaran faktor internal dan faktor eksternal pemasaran agroindustri dan merumuskan alternatif strategi pemasaran dan prioritas strategi pemasaran bagi agroindustri kopi bubuk kelompok tani “Tani harapan”. Sehingga penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan perusahaan dalam merencanakan strategi pemasaran. Pendekatan penelitian mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive pada agroindustri pengolahan kopi bubuk kelompok tani “Tani Harapan”, Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang dengan pertimbangan bahwa kecamatan dampit menjadi sentra penghasil kopi di Kabupaten Malang. Metode penentuan responden mengunakan teknik judgment sampling dengan memilih delapan informan yang mempunyai pengetahuan spesifik di lokasi penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP-SWOT yang merupakan pengabungan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT). SWOT digunakan untuk mengetahui gambaran faktor internal dan faktor eksternal agroindustri serta menghasilkan strategi alternatif yang didasarkan kondisi internal dan eksternal agroindustri. Sedangkan analisis AHP digunakan dalam penentuan bobot dari tiap tingkatannya dan memberikan penilaian untuk mengetahui prioritas strategi yang dihasilkan dalam matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis strategi pemasaran pada agroindustri kopi bubuk kelompok tani “Tani Harapan” faktor internal kekuatan dengan nilai tertinggi yaitu faktor produk kopi bubuk yang merupakan produk kopi bubuk organik, dan mempunyai cita rasa yang khas dengan nilai (0,428), sedangkan faktor internal kelemahan tertinggi adalah kegiatan promosi ke masyarakat secara luas belum dilakukan. Faktor eksternal mencakup faktor peluang dan ancaman. Faktor peluang yang mempunyai nilai tertinggi adalah faktor pemasaran secara online dengan nilai (0,584) dan faktor ancaman yang mempunyai nilai tertinggi adalahii pesaing yang melakukan digital marketing dengan nilai (0,384). Berdasarkan hasil analisis posisi perusahaan berada pada kuadran III yaitu perusahaan perlu meminimalkan kelemahan perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif strategi yang direkomendasikan pada kuadran III adalah strategi Weaknesses-Opportunities (WO). Dari enam strategi alternatif WO yang direkomendasikan alternatif strategi melakukan pemasaran online melalui media sosial mempunyai nilai tertinggi dengan nilai (0,284). Dari hasil penelitian tersebut disarankan bagi pemerintah membantu mempercepat pengurusan hak paten merek. Selain itu pemerintah, perguruan tinggi dan pihak swasta perlu untuk memberikan pelatihan terkait promosi dan pemasaran online. Bagi agroindustri perlu mempertahankan kualitas pengolahan dan kualitas produk. Selain itu kelompok tani juga perlu menambah fasilitas di ekowisata agar dapat menarik minat pengunjung datang ke ekowisata.
id IOS4666.173224
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:56:56Z
last_indexed 2021-10-28T06:56:56Z
recordtype dc
_version_ 1751455998230396928
score 17.538404