Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan E-Ticketing Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Pada Pengguna Aplikasi Android “Kai Access” Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Di Kota Malang)

Main Author: Azhar, Faris Humam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172821/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan (1) pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, (2) pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, (3) pengaruh kepuasan pelayanan terhadap kepuasan pengguna, pengaruh secara simultan antara kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitin ini berjumlah 116 responden yang merupakan pengguna aplikasi android “KAI Access” PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel kualitas sistem berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. (2) variabel kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. (3) variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. (4) variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi pihak PT. Kereta Api Indonesia (Persero) untuk (1) mengantisipasi banyaknya pengguna aplikasi KAI Access yang mengakses secara bersamaan yang akan berpotensi membuat aplikasi akan berjalan lambat. (2) menambahkan pengumuman seputar kereta api di halaman depan atau home page aplikasi seperti, informasi promosi, event, perubahan harga, dan siaran pers terbaru tentang PT. KAI agar membuat pengguna aplikasi lebih mudah mengetahui informasi-informasi yang dikeluarkan oleh PT. KAI seputar promosi, event, perubahan harga dan lain-lain. (3) menyediakan sumber daya manusia yang ditempatkan di bagian customer service online dan menambahkan fitur chat pada aplikasi KAI Access agar penanganan keluhan pelanggan dapat maksimal.