The Influence of Electronic Word of Mouth (eWOM) Toward Brand Image and Its Impact on Purchase Decision (Study on Followers Official Acount Instagram @strudelmalang)
Main Author: | Budiman, Iqbal Favian Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167896/ |
Daftar Isi:
- Word of Mouth memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan bentuk pemasaran tradisional lainnya karena secara komparatif memberikan informasi yang lebih akurat dan dapat diandalkan berdasarkan pengalaman langsung menggunakan product atau service. Pertumbuhan Internet saat ini telah mengubah Word of Mouth menjadi Electronic Word of Mouth. Oleh karena itu, perusahaan menghadapi peningkatan dalam menghadapi konsumen yang interaktif dalam menggunakan internet untuk menyebarluaskan pengetahuan dan pendapat mereka. Dengan memberikan informasi dan ulasan mengenai kepuasaan konsumen dalam mengkonsumsi produk maka akan menciptakan citra sebuah produk sebagai Citra Merek. Citra Merek positif dapat menentukan persepsi terhadap produk dimana konsumen akan memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Instagram adalah media sosial yang banyak digunakan saat ini dan banyak perusahaan menggunakan Instagram untuk implementasi strategi pemasaran mereka, salah satunya adalah Malang Strudel. Implementasi Electronic Word of Mouth di @strudelmalang dapat dikatakan berhasil karena memiliki jumlah followers berjumlah 133000 dengan total jumlah 5512 posting. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh dari Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek dan dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan purposive sampling dan menyebarkan kuesioner online kepada 116 responden. Analisi deskriptif dan analisis jalur digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan data yang telah dikumpulkan sebagai kesimpulan yang dapat digunakan dan juga menjelaskan pengaruh dari masing masing variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa setiap komentar dan ulasan di Instagram akan membentuk Citra Merek perusahaan berdasarkan tinjuan pengalaman konsumen yang secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumen lain untuk membuat keputusan pembelian. Temuan ini dibuktikan oleh jawaban semua responden yang menyatakan bahwa pengaruh kegiatan Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek perusahaan yang secara tidak langsung memengaruhi Keputusan Pembelian. Untuk implikasi manajerial, penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan harus mengadakan acara lebih sering di Instagram sehingga dapat memicu lebih banyak Electronic Word of Mouth. Perusahaan harus menjaga dan meningkatkan kualitas produk mereka juga untuk memuaskan konsumen. Selain itu, ini juga bisa menjadi strategi untuk mencegah konsumen mengalami pengalaman buruk yang mengarah ke Negatif Electronic Word of Mouth.