Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulunggagung)

Main Author: Devintania, Pristi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162307/1/Pristi%20Devintania.pdf
http://repository.ub.ac.id/162307/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 Tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pasal 1 menyebutkan “penyelenggaraan pelayanan publik dikecamatan dari tahap permohonan sampai tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat”. Hal ini berarti proses penyelenggaraan pelayanan administratif dilakukan secara bersamaan pada satu loket dengan berbagai layanan yang tersedia. Ruang lingkup PATEN meliputi perizinan dan non perizinan. Maksud dari penyelenggaraan PATEN untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota. Namun pada hakekatnya, pelayanan PATEN juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan publik, sehingga memunculkan kepuasan masyarakat atas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Mengingat Kabupaten Tulungagung relatif cukup baru dalam menerapkan Pelayanan Administrartif Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Kecamatan Ngunut sebagai salah satu Kecamatan yang mampu menerapkan dan menyelengggarakan PATEN, maka peneliti tertarik untuk melihat sejauhmanakah kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam perpektif kepuasan masyarakat yang terbaru melalui perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Penelitian ini menggunakanMixed Methods Research. Menurut Creswell (2010), penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif.Berdasarkan pembagian tipe Penelitian Mixed Methods, penulis memilih menggunakan desain tipe exploratory yang termasuk ke dalam model sequential (urutan). Data-data dalam penelitian ini diambil berdasarkan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) menunjukkan angka 75,16 dengan kategori “BAIK”. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi relevan dengan hasil perhitungan SKM yang menunjukan bahwa plaksanaan PATEN di Kecamatan Ngunut berjalan dengan baik.