Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulunggagung)
Main Author: | Devintania, Pristi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162307/1/Pristi%20Devintania.pdf http://repository.ub.ac.id/162307/ |
ctrlnum |
162307 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/162307/</relation><title>Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap
Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan
Ngunut Kabupaten Tulunggagung)</title><creator>Devintania, Pristi</creator><subject>658.812 Customer relations</subject><description>Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 Tahun 2010 tentang
pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pasal 1
menyebutkan “penyelenggaraan pelayanan publik dikecamatan dari tahap
permohonan sampai tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat”. Hal ini berarti
proses penyelenggaraan pelayanan administratif dilakukan secara bersamaan pada
satu loket dengan berbagai layanan yang tersedia. Ruang lingkup PATEN
meliputi perizinan dan non perizinan. Maksud dari penyelenggaraan PATEN
untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi
simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota. Namun
pada hakekatnya, pelayanan PATEN juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas
dari pelayanan publik, sehingga memunculkan kepuasan masyarakat atas
pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah.
Mengingat Kabupaten Tulungagung relatif cukup baru dalam menerapkan
Pelayanan Administrartif Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Kecamatan Ngunut
sebagai salah satu Kecamatan yang mampu menerapkan dan menyelengggarakan
PATEN, maka peneliti tertarik untuk melihat sejauhmanakah kualitas pelayanan
publik yang dilakukan oleh Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam
perpektif kepuasan masyarakat yang terbaru melalui perhitungan Survei Kepuasan
Masyarakat (SKM).
Penelitian ini menggunakanMixed Methods Research. Menurut Creswell
(2010), penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang
mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian
kuantitatif.Berdasarkan pembagian tipe Penelitian Mixed Methods, penulis
memilih menggunakan desain tipe exploratory yang termasuk ke dalam model
sequential (urutan). Data-data dalam penelitian ini diambil berdasarkan data
primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan
Ngunut Kabupaten Tulungagung berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil
perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) menunjukkan angka 75,16
dengan kategori “BAIK”. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi relevan
dengan hasil perhitungan SKM yang menunjukan bahwa plaksanaan PATEN di
Kecamatan Ngunut berjalan dengan baik.</description><date>2018-07-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/162307/1/Pristi%20Devintania.pdf</identifier><identifier> Devintania, Pristi (2018) Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulunggagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/827/051809814</relation><recordID>162307</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Devintania, Pristi |
title |
Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap
Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan
Ngunut Kabupaten Tulunggagung) |
publishDate |
2018 |
topic |
658.812 Customer relations |
url |
http://repository.ub.ac.id/162307/1/Pristi%20Devintania.pdf http://repository.ub.ac.id/162307/ |
contents |
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 Tahun 2010 tentang
pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pasal 1
menyebutkan “penyelenggaraan pelayanan publik dikecamatan dari tahap
permohonan sampai tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat”. Hal ini berarti
proses penyelenggaraan pelayanan administratif dilakukan secara bersamaan pada
satu loket dengan berbagai layanan yang tersedia. Ruang lingkup PATEN
meliputi perizinan dan non perizinan. Maksud dari penyelenggaraan PATEN
untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi
simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota. Namun
pada hakekatnya, pelayanan PATEN juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas
dari pelayanan publik, sehingga memunculkan kepuasan masyarakat atas
pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah.
Mengingat Kabupaten Tulungagung relatif cukup baru dalam menerapkan
Pelayanan Administrartif Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Kecamatan Ngunut
sebagai salah satu Kecamatan yang mampu menerapkan dan menyelengggarakan
PATEN, maka peneliti tertarik untuk melihat sejauhmanakah kualitas pelayanan
publik yang dilakukan oleh Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam
perpektif kepuasan masyarakat yang terbaru melalui perhitungan Survei Kepuasan
Masyarakat (SKM).
Penelitian ini menggunakanMixed Methods Research. Menurut Creswell
(2010), penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang
mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian
kuantitatif.Berdasarkan pembagian tipe Penelitian Mixed Methods, penulis
memilih menggunakan desain tipe exploratory yang termasuk ke dalam model
sequential (urutan). Data-data dalam penelitian ini diambil berdasarkan data
primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan
Ngunut Kabupaten Tulungagung berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil
perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) menunjukkan angka 75,16
dengan kategori “BAIK”. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi relevan
dengan hasil perhitungan SKM yang menunjukan bahwa plaksanaan PATEN di
Kecamatan Ngunut berjalan dengan baik. |
id |
IOS4666.162307 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:47:01Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:46:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454341457248256 |
score |
17.538404 |