Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulunggagung)

Main Author: Devintania, Pristi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162307/1/Pristi%20Devintania.pdf
http://repository.ub.ac.id/162307/
ctrlnum 162307
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/162307/</relation><title>Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap&#xD; Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan&#xD; Ngunut Kabupaten Tulunggagung)</title><creator>Devintania, Pristi</creator><subject>658.812 Customer relations</subject><description>Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 Tahun 2010 tentang&#xD; pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pasal 1&#xD; menyebutkan &#x201C;penyelenggaraan pelayanan publik dikecamatan dari tahap&#xD; permohonan sampai tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat&#x201D;. Hal ini berarti&#xD; proses penyelenggaraan pelayanan administratif dilakukan secara bersamaan pada&#xD; satu loket dengan berbagai layanan yang tersedia. Ruang lingkup PATEN&#xD; meliputi perizinan dan non perizinan. Maksud dari penyelenggaraan PATEN&#xD; untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi&#xD; simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota. Namun&#xD; pada hakekatnya, pelayanan PATEN juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas&#xD; dari pelayanan publik, sehingga memunculkan kepuasan masyarakat atas&#xD; pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah.&#xD; Mengingat Kabupaten Tulungagung relatif cukup baru dalam menerapkan&#xD; Pelayanan Administrartif Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Kecamatan Ngunut&#xD; sebagai salah satu Kecamatan yang mampu menerapkan dan menyelengggarakan&#xD; PATEN, maka peneliti tertarik untuk melihat sejauhmanakah kualitas pelayanan&#xD; publik yang dilakukan oleh Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam&#xD; perpektif kepuasan masyarakat yang terbaru melalui perhitungan Survei Kepuasan&#xD; Masyarakat (SKM).&#xD; Penelitian ini menggunakanMixed Methods Research. Menurut Creswell&#xD; (2010), penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang&#xD; mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian&#xD; kuantitatif.Berdasarkan pembagian tipe Penelitian Mixed Methods, penulis&#xD; memilih menggunakan desain tipe exploratory yang termasuk ke dalam model&#xD; sequential (urutan). Data-data dalam penelitian ini diambil berdasarkan data&#xD; primer dan data sekunder.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan&#xD; Ngunut Kabupaten Tulungagung berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil&#xD; perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) menunjukkan angka 75,16&#xD; dengan kategori &#x201C;BAIK&#x201D;. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi relevan&#xD; dengan hasil perhitungan SKM yang menunjukan bahwa plaksanaan PATEN di&#xD; Kecamatan Ngunut berjalan dengan baik.</description><date>2018-07-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/162307/1/Pristi%20Devintania.pdf</identifier><identifier> Devintania, Pristi (2018) Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulunggagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/827/051809814</relation><recordID>162307</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Devintania, Pristi
title Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulunggagung)
publishDate 2018
topic 658.812 Customer relations
url http://repository.ub.ac.id/162307/1/Pristi%20Devintania.pdf
http://repository.ub.ac.id/162307/
contents Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 Tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pasal 1 menyebutkan “penyelenggaraan pelayanan publik dikecamatan dari tahap permohonan sampai tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat”. Hal ini berarti proses penyelenggaraan pelayanan administratif dilakukan secara bersamaan pada satu loket dengan berbagai layanan yang tersedia. Ruang lingkup PATEN meliputi perizinan dan non perizinan. Maksud dari penyelenggaraan PATEN untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota. Namun pada hakekatnya, pelayanan PATEN juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan publik, sehingga memunculkan kepuasan masyarakat atas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Mengingat Kabupaten Tulungagung relatif cukup baru dalam menerapkan Pelayanan Administrartif Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Kecamatan Ngunut sebagai salah satu Kecamatan yang mampu menerapkan dan menyelengggarakan PATEN, maka peneliti tertarik untuk melihat sejauhmanakah kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam perpektif kepuasan masyarakat yang terbaru melalui perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Penelitian ini menggunakanMixed Methods Research. Menurut Creswell (2010), penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif.Berdasarkan pembagian tipe Penelitian Mixed Methods, penulis memilih menggunakan desain tipe exploratory yang termasuk ke dalam model sequential (urutan). Data-data dalam penelitian ini diambil berdasarkan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) menunjukkan angka 75,16 dengan kategori “BAIK”. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi relevan dengan hasil perhitungan SKM yang menunjukan bahwa plaksanaan PATEN di Kecamatan Ngunut berjalan dengan baik.
id IOS4666.162307
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:47:01Z
last_indexed 2021-10-28T07:46:46Z
recordtype dc
_version_ 1751454341457248256
score 17.538404