Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pisang Mahameru (Studi Kasus Di Ukm “Lumajang Store” Dusun Krajan Kandangtepus Kec. Senduro Kab. Lumajang)

Main Author: Kharisma, Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161849/1/INTAN%20KHARISMA.pdf
http://repository.ub.ac.id/161849/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan untuk pengembangan produk makanan, berbagai produk diperkenalkan produsen untuk mempengaruhi konsumen. Produsen dalam hal ini terus memberikan perhatian lebih terkait kondisi kebutuhan dan keinginan konsumen agar suatu produk dapat diterima dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Strategi pemasaran melalui bauran pemasaran dalam hal ini terus diperhatikan pelaku usaha agar memenangkan persaingan pasar yang semakin berkembang. Melalui perkembangannya banyak usaha yang menciptakan produk olahan makanan yang memiliki kelebihan atas inovasi yang diberikan. Salah satu usaha dari sekian banyak usaha yang melakukan inovasi pada produknya yakni Keripik Pisang Mahameru. Produk Keripik Pisang Mahameru melakukan inovasi terhadap produknya dikarenakan produk ini bermula dari keripik pisang original biasa yang dikemas dengan plastik biasa, kemudian penetapan harga yang dirasa terlalu mahal, kemudian tidak memiliki outlet, serta promosi yang tidak dilakukan intens membuat rendahnya minat beli konsumen terhadap produk Keripik Pisang Mahameru. Perhatian pada rendahnya minat beli Keripik Pisang Mahameru membuat pemilik merencanakan strategi pemasaran melalui kegiatan bauran pemasaran pada produk Keripik Pisang Mahameru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Berdasarkan permasalahan yang ada dilapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan meliputi produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Keripik Pisang Mahameru. Penelitian ini dilakukan di UKM Lumajang Store pada produk Keripik Pisang Mahameru, UKM ini terletak di Dusun Krajan Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Pada penelitian ini metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang bersifat accidental sampling menggunakan rumus slovin, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 50 orang. Alat analisis yang digunakan menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang Mahameru. Hal ini ditunjukkan dengan path coefficient sebesar 0.64 dan p-value kurang dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik produk yang ditawarkan oleh produsen maka semakin berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang Mahameru. Ditunjukkan dengan nilai path coefficients 0.18 dengan p-value 0.09. Variabel tempat menunjukkan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Keripik Pisang Mahameru, karena menunjukkan p-ii value sebesar 0.19, hal tersebut melebihi syarat signifikan sebesar 0.05, dengan path coefficients sebesar 0.12. Variabel Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari pengaruh variabel promosi ini diperoleh dengan koefisien jalur sebesar 0.31 dan p-value kurang dari 0.01. Dalam penelitian ini dapat diberikan beberapa saran yaitu sebaiknya UKM Lumajang Store hendaknya terus meningkatkan inovasi produk maupun memperbaiki perkembangan kualitas produk. Kemudian adanya perkembangan pada bagian promosi pada produk Keripik Pisang Mahameru bisa ditambah melalui kegiatan promosi intens pada acara Car Free Day maupun melalui kegiatan-kegiatan atau acara yang dilakukan di Kabupaten Lumajang maupun luar kota Lumajang. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai sarana memperkenalkan produk unggulan dan produk khas oleh-oleh kota Lumajang.