Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pisang Mahameru (Studi Kasus Di Ukm “Lumajang Store” Dusun Krajan Kandangtepus Kec. Senduro Kab. Lumajang)
Main Author: | Kharisma, Intan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161849/1/INTAN%20KHARISMA.pdf http://repository.ub.ac.id/161849/ |
ctrlnum |
161849 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/161849/</relation><title>Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat Dan
Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian
Keripik Pisang Mahameru
(Studi Kasus Di Ukm “Lumajang Store” Dusun Krajan Kandangtepus
Kec. Senduro Kab. Lumajang)</title><creator>Kharisma, Intan</creator><subject>658.8 Managemet of marketing</subject><description>Indonesia merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan untuk
pengembangan produk makanan, berbagai produk diperkenalkan produsen untuk
mempengaruhi konsumen. Produsen dalam hal ini terus memberikan perhatian
lebih terkait kondisi kebutuhan dan keinginan konsumen agar suatu produk dapat
diterima dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Strategi pemasaran
melalui bauran pemasaran dalam hal ini terus diperhatikan pelaku usaha agar
memenangkan persaingan pasar yang semakin berkembang. Melalui
perkembangannya banyak usaha yang menciptakan produk olahan makanan yang
memiliki kelebihan atas inovasi yang diberikan.
Salah satu usaha dari sekian banyak usaha yang melakukan inovasi pada
produknya yakni Keripik Pisang Mahameru. Produk Keripik Pisang Mahameru
melakukan inovasi terhadap produknya dikarenakan produk ini bermula dari
keripik pisang original biasa yang dikemas dengan plastik biasa, kemudian
penetapan harga yang dirasa terlalu mahal, kemudian tidak memiliki outlet, serta
promosi yang tidak dilakukan intens membuat rendahnya minat beli konsumen
terhadap produk Keripik Pisang Mahameru. Perhatian pada rendahnya minat beli
Keripik Pisang Mahameru membuat pemilik merencanakan strategi pemasaran
melalui kegiatan bauran pemasaran pada produk Keripik Pisang Mahameru yang
disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Berdasarkan
permasalahan yang ada dilapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan meliputi produk, harga,
tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Keripik Pisang
Mahameru.
Penelitian ini dilakukan di UKM Lumajang Store pada produk Keripik
Pisang Mahameru, UKM ini terletak di Dusun Krajan Kandangtepus Kecamatan
Senduro Kabupaten Lumajang. Pada penelitian ini metode pengambilan sampel
menggunakan non probability sampling yang bersifat accidental sampling
menggunakan rumus slovin, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 50 orang.
Alat analisis yang digunakan menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan
software WarpPLS 5.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang Mahameru. Hal ini
ditunjukkan dengan path coefficient sebesar 0.64 dan p-value kurang dari 0.05.
Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik produk yang ditawarkan oleh produsen
maka semakin berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel harga tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang
Mahameru. Ditunjukkan dengan nilai path coefficients 0.18 dengan p-value 0.09.
Variabel tempat menunjukkan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian produk Keripik Pisang Mahameru, karena menunjukkan p-ii
value sebesar 0.19, hal tersebut melebihi syarat signifikan sebesar 0.05, dengan
path coefficients sebesar 0.12. Variabel Promosi memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari pengaruh variabel promosi
ini diperoleh dengan koefisien jalur sebesar 0.31 dan p-value kurang dari 0.01.
Dalam penelitian ini dapat diberikan beberapa saran yaitu sebaiknya
UKM Lumajang Store hendaknya terus meningkatkan inovasi produk maupun
memperbaiki perkembangan kualitas produk. Kemudian adanya perkembangan
pada bagian promosi pada produk Keripik Pisang Mahameru bisa ditambah
melalui kegiatan promosi intens pada acara Car Free Day maupun melalui
kegiatan-kegiatan atau acara yang dilakukan di Kabupaten Lumajang maupun luar
kota Lumajang. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai sarana memperkenalkan
produk unggulan dan produk khas oleh-oleh kota Lumajang.</description><date>2018-06-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/161849/1/INTAN%20KHARISMA.pdf</identifier><identifier> Kharisma, Intan (2018) Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pisang Mahameru (Studi Kasus Di Ukm “Lumajang Store” Dusun Krajan Kandangtepus Kec. Senduro Kab. Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2018/296/051804896</relation><recordID>161849</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kharisma, Intan |
title |
Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat Dan
Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian
Keripik Pisang Mahameru
(Studi Kasus Di Ukm “Lumajang Store” Dusun Krajan Kandangtepus
Kec. Senduro Kab. Lumajang) |
publishDate |
2018 |
topic |
658.8 Managemet of marketing |
url |
http://repository.ub.ac.id/161849/1/INTAN%20KHARISMA.pdf http://repository.ub.ac.id/161849/ |
contents |
Indonesia merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan untuk
pengembangan produk makanan, berbagai produk diperkenalkan produsen untuk
mempengaruhi konsumen. Produsen dalam hal ini terus memberikan perhatian
lebih terkait kondisi kebutuhan dan keinginan konsumen agar suatu produk dapat
diterima dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Strategi pemasaran
melalui bauran pemasaran dalam hal ini terus diperhatikan pelaku usaha agar
memenangkan persaingan pasar yang semakin berkembang. Melalui
perkembangannya banyak usaha yang menciptakan produk olahan makanan yang
memiliki kelebihan atas inovasi yang diberikan.
Salah satu usaha dari sekian banyak usaha yang melakukan inovasi pada
produknya yakni Keripik Pisang Mahameru. Produk Keripik Pisang Mahameru
melakukan inovasi terhadap produknya dikarenakan produk ini bermula dari
keripik pisang original biasa yang dikemas dengan plastik biasa, kemudian
penetapan harga yang dirasa terlalu mahal, kemudian tidak memiliki outlet, serta
promosi yang tidak dilakukan intens membuat rendahnya minat beli konsumen
terhadap produk Keripik Pisang Mahameru. Perhatian pada rendahnya minat beli
Keripik Pisang Mahameru membuat pemilik merencanakan strategi pemasaran
melalui kegiatan bauran pemasaran pada produk Keripik Pisang Mahameru yang
disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Berdasarkan
permasalahan yang ada dilapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan meliputi produk, harga,
tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Keripik Pisang
Mahameru.
Penelitian ini dilakukan di UKM Lumajang Store pada produk Keripik
Pisang Mahameru, UKM ini terletak di Dusun Krajan Kandangtepus Kecamatan
Senduro Kabupaten Lumajang. Pada penelitian ini metode pengambilan sampel
menggunakan non probability sampling yang bersifat accidental sampling
menggunakan rumus slovin, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 50 orang.
Alat analisis yang digunakan menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan
software WarpPLS 5.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang Mahameru. Hal ini
ditunjukkan dengan path coefficient sebesar 0.64 dan p-value kurang dari 0.05.
Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik produk yang ditawarkan oleh produsen
maka semakin berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel harga tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Keripik Pisang
Mahameru. Ditunjukkan dengan nilai path coefficients 0.18 dengan p-value 0.09.
Variabel tempat menunjukkan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian produk Keripik Pisang Mahameru, karena menunjukkan p-ii
value sebesar 0.19, hal tersebut melebihi syarat signifikan sebesar 0.05, dengan
path coefficients sebesar 0.12. Variabel Promosi memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari pengaruh variabel promosi
ini diperoleh dengan koefisien jalur sebesar 0.31 dan p-value kurang dari 0.01.
Dalam penelitian ini dapat diberikan beberapa saran yaitu sebaiknya
UKM Lumajang Store hendaknya terus meningkatkan inovasi produk maupun
memperbaiki perkembangan kualitas produk. Kemudian adanya perkembangan
pada bagian promosi pada produk Keripik Pisang Mahameru bisa ditambah
melalui kegiatan promosi intens pada acara Car Free Day maupun melalui
kegiatan-kegiatan atau acara yang dilakukan di Kabupaten Lumajang maupun luar
kota Lumajang. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai sarana memperkenalkan
produk unggulan dan produk khas oleh-oleh kota Lumajang. |
id |
IOS4666.161849 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:46:36Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:46:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751455989197963264 |
score |
17.538404 |