Analisis Ekspektasi Dan Persepsi Konsumen Ditinjau Dari Meal Experience (Studi Kasus Di My Kopi-O! Mall Mx, Malang, Jawa Timur)
Daftar Isi:
- Meal experience merupakan kesan ataupun perasaan yang dirasakan seseorang ketika datang ke sebuah tempat makan, kesan yang positif akan memberikan efek yang positif. Penilaian meal experience dapat dilihat dari variabel makanan dan minuman (X1), pelayanan (X2), kebersihan (X3), suasana (X4), dan harga (X5). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel meal experience dalam membentuk persepsi konsumen, mengetahui tingkat kepentingan konsumen dalam menilai variabel-variabel meal experience, dan mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara ekspektasi dan persepsi konsumen terhadap variabel-variabel meal experience di My Kopi-O! Mall MX. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Partial Least Square (PLS), Importance Performance Analysis (IPA), dan paired sample t-test dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen dapat dimodelkan dengan persamaan Y = 0,248 X1 + 0,161 X2 + 0,164 X3 + 0,195 X4 + 0,172 X5.. Berdasarkan hasil IPA, indikator yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah variasi menu (X11), porsi (X13), penampilan karyawan (X22), dan pembayaran debit (X53). Diketahui pula terdapat perbedaan yang signifikan antara ekspektasi dan persepsi konsumen dalam menilai seluruh variabel-variabel meal experience.