Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index (Studi Kasus Di Ria Djenaka Coffee & Resto, Malang
Main Author: | Anggraini, LuluDian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149760/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/149760/ |
Daftar Isi:
- Pola hidup masyarakat akan kebutuhan terhadap suatu produk seperti halnya makanan menjadi sangat kompleks. Keinginan masyarakat tidak hanya pada substansi makanan saja tetapi disertai dengan adanya unsur pelayanan, nuansa dan kenyamanan.Ria Djenaka Coffee & Resto menawarkan berbagai atribut untuk memuaskan konsumen seperti : makanan dan minuman, pelayanan, suasana tradisional khas Ria Djenaka Coffee & Resto, fasilitas Wi-Fi, live music, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepentingan setiap atribut berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 353 responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki yang berada dalam kuadran I, yaitu penyajian makanan, keramahan, kesopanan dan perhatian pramusaji serta kesigapan pramusaji. Atribut yang masuk dalam kuadran II adalah atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya dan sudah memuaskan konsumen.Atribut yang termasuk dalam kuadran II adalah cita rasa makanan dan minuman, kesesuaian menu dengan pesanan, kemudahan menjangkau lokasi, pencantuman nama dan logo restoran, penanganan keluhan pengunjung, fasilitas restoran, keamanan restoran dan kebersihan serta kerapihan restoran. Atribut yang masuk dalam kuadran III adalah atribut yang memiliki prioritas rendah dan kuadran IV adalah atribut yang dianggap kurang penting oleh pelanggan tetapi kinerja restoran sudah sangat baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh diperoleh nilai CSI sebesar 0,66. Nilai CSI terletak di rentang 0,66-0,80 yang menunjukkan bahwa indeks kepuasan pengunjung pada kriteria “Puas”.