Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Pia Cap Mangkok dengan Metode Potential Gain In Customer Value (PGCV) (Studi Kasus Pia Cap Mangkok Malang)
Main Author: | Herdiyaswati, Nurita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149737/1/SKRIPSI_NURITA.pdf http://repository.ub.ac.id/149737/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan zaman yang semakin pesat menyebabkan tingkat persaingan bagi para pelaku bisnis semakin meningkat. Usaha Pia Cap Mangkok sudah berdiri selama 55 tahun, akan tetapi belum pernah diadakan pengukuran kepuasan konsumen terhadap produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan atribut dan dimensi kualitas produk Pia Cap Mangkok yang mendapat prioritas untuk dipertahankan dan diperbaiki kinerjanya, serta mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap Pia Cap Mangkok berdasarkan indeks PGCV. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Potential Gain In Customer Value (PGCV). Pengukuran kualitas produk didasarkan pada dimensi performance, features, perceived quality, realibility, conformance to specification, durability, aesthetic dan serviceability serta atribut yang digunakan sebanyak 12 atribut. Responden yang diambil adalah konsumen yang sedang melakukan pembelian produk kue pia pada outlet Pia Cap Mangkok dan telah melakukan pembelian minimal satu kali dengan rentang usia 15-64 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 72 sampel berdasarkan rumus Linear Time Function. Hasil penelitian yang diperoleh adalah atribut kualitas produk Pia Cap Mangkok yang mendapatkan prioritas untuk dipertahankan kinerjanya adalah rasa produk (2.86), bentuk dan desain kemasan (3.07), harga produk (4.20), masa kadaluarsa (4.20), ukuran volume/isi produk (4.37), dan kondisi kemasan saat produk dikonsumsi (4.44), sedangkan dimensi kualitas produk yang harus dipertahankan adalah aesthetics (3.07), performance (3.53), durability (4.20), dan reliability (4.44). Atribut kualitas produk yang mendapat prioritas untuk diperbaiki kinerjanya adalah kemudahan memperoleh produk (7.17), kesabaran dan kecepatan karyawan dalam melayani konsumen (7.01), kejelasan informasi pada kemasan (6.29), konsistensi rasa (4.97), variasi rasa produk (4.75), dan kepopuleran merk (4.71), sedangkan dimensi kualitas produk yang harus diperbaiki adalah serviceability (7.09), perceived quality (5.50), conformance (4.97), dan features (4.56). Berdasarkan indeks PGCV dapat disimpulkan bahwa, konsumen Pia Cap Mangkok merasa puas terhadap rasa produk yang ditawarkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil indeks rasa produk yang memperoleh nilai indeks PGCV terkecil yaitu 2.86. Rasa produk Pia Cap Mangkok ini mendapat prioritas utama untuk tetap dipertahankan kinerjanya demi menjaga loyalitas konsumen. Akan tetapi perlu disarankan untuk melakukan perbaikan terhadap atribut dan dimensi kualitas produk yang mendapatkan prioritas untuk diperbaiki kinerjanya. Dengan melakukan perbaikan kinerja terhadap atribut dan dimensi kualitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk Pia Cap Mangkok.