Preferensi Konsumen Terhadap produk Keripik Buah So Kressh Menggunakan Analisis Konjoin

Main Author: Andriyani, Fenti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149721/
Daftar Isi:
  • Keripik merupakan makanan camilan yang mempunyai daya awet yang cukup tinggi, rasa yang enak dan variasi yang banyak sehingga dapat memenuhi selera konsumen. Keripik buah adalah salah satu bentuk produk industri yang mengolah buah segar menjadi keripik buah. Salah satu UKM yang memproduksi keripik buah adalah CV. Kajeye Food, dengan nama merek dagang So Kressh. Kebutuhan konsumen akan produk-produk yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya akan menjadikan konsumen semakin selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Setiap konsumen memiliki kriteria karakteristik suatu produk sesuai dengan preferensi mereka masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut apa yang paling disukai oleh konsumen dan mengetahui tingkat kepentingan atribut. Empat atribut yang digunakan pada penelitian ini yakni jenis keripik, harga keripik, tekstur keripik dan warna keripik. Tingkat kepentingan atribut yang dihasilkan dilakukan dengan metode analisis konjoin yang diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS 17.0 for windows dengan alat utama kuesioner sebagai instrumen dalam mendapatkan data responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keripik buah So Kressh yang lebih disukai konsumen adalah profil 3 didapatkan nilai kegunaan sebesar 4,62 dengan kombinasi keripik salak, dengan harga <Rp 12.000, tekstur renyah dan warna yang tidak menonjol warna buah. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan urutan atribut yang mempengaruhi preferensi keripik buah adalah atribut tekstur, harga, jenis, dan warna dengan tingkat vi kepentingan secara berurutan sebesar 49,99%, 29,99%, 19,263%, dan1,439%. Tingkat kepentingan atribut menunjukan bahwa konsumen dalam memilih dan membeli produk akan mempertimbangkan atribut tekstur terlebih dahulu.