Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Puree Mangga Podang Dengan Metode Importance Performance Analysis (Studi Kasus Pada UKM Sari Buah dan Dodol di Kota Batu)
Main Author: | Wahyuningsih, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149086/1/LAPORAN_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/149086/2/JURNAL_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/149086/3/RINGKASAN_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/149086/ |
Daftar Isi:
- Mangga Podang merupakan salah satu buah musiman yang dapat diolah menjadi produk setengah jadi yaitu puree. Puree memiliki umur simpan yang lama dan dapat meningkatkan nilai ekonomis buah mangga Podang. Puree mangga Podang dapat dikembangkan dan dipasarkan, sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap kualitas puree mangga Podang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi konsumen berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja atribut-atribut puree mangga Podang dengan metode Importance Performance Analysis dan mengetahui atribut-atribut yang harus dipertahankan dan diperbaiki. Jumlah responden dalam penelitian adalah 31 responden. Hasil penelitian menggunakan metode Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa terdapat atribut-atribut yang kinerjanya belum sesuai dengan harapan. Berdasarkan tingkat kesesuaian diperoleh urutan prioritas atribut-atribut yang harus diperbaiki. Berdasarkan analisis kesenjangan, setiap atribut bernilai negatif yang mengindikasikan bahwa puree mangga Podang yang dirasakan masih di bawah harapan. Atribut-atribut yang harus diperbaiki antara lain kelengkapan informasi, bentuk kemasan, bahan kemasan, rasa, aroma dan jaminan halal. Atribut-atribut yang harus dipertahankan antara lain warna, tekstur, kekentalan, kandungan gizi dan manfaat puree mangga Podang untuk kesehatan.