Analisis Pengaruh Customer Value dan Customer Behaviour Terhadap Loyalitas Pelanggan Keripik Tempe (Studi Kasus Perusahaan Keripik Tempe Aneka Rasa “Bu Noer-Malang)

Main Author: DyaswaraLillaAyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148906/1/17._BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/148906/2/18._BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/148906/3/6._RINGKASAN_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/148906/4/14._BAB_1.pdf
http://repository.ub.ac.id/148906/5/16._BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/148906/6/15._BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/148906/
Daftar Isi:
  • Keripik tempe merupakan salah satu makanan khas daerah Malang yang biasanya dijadikan sebagai ikon oleh-oleh kota Malang. Perkembangan keripik tempe yang semakin variatif dan menjamurnya Usaha Kecil Menengah (UKM) keripik tempe membuat produsen berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan setianya dengan cara memenuhi apa yang diinginkan oleh pelanggan yang biasa disebut nilai pelanggan. Untuk mengetahui apa saja yang diinginkan pelanggan, diperlukan analisis perilaku pelanggan untuk mengantisipasi berpindahnya pelanggan ke produk keripik tempe lain. Salah satu produsen keripik tempe di Kota Malang adalah Keripik Tempe Aneka Rasa Bu Noer. KTAR Bu Noer memiliki volume penjualan yang relatif tinggi dari pesaingnya. Sampai saat ini, belum diketahui secara jelas bagaimana loyalitas pelanggan KTAR Bu Noer. Oleh sebab itu, untuk mempertahankan pasar yang telah ada melalui pengembangan loyalitas pelanggan, diperlukan suatu analisis terhadap customer value serta customer behaviour untuk mengantisipasi kemungkinan pelanggan beralih ke produk pesaing. Instrumen utama pengumpulan data berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 140 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang digunakan untuk menganilisis hubungan sebab-akibat dari variabel customer value dan customer behaviour dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui kinerja variabel tersebut digunakan metode Importance-Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer value berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien regresi 0,79 serta nilai t sebesar 10,54. Customer behaviour berpengaruh secara tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien regresi yaitu -0,08 serta nilai t sebesar |1.46|. Atribut-atribut yang perlu diperbaiki adalah keramahan pegawai, penggunaan mesin Electronic Data Capture (EDC) dalam transaksi, kesesuaian produk dengan anggaran, pertimbangan harga, keterjangkauan lokasi, kemasan produk dan fasilitas dan pelayanan.