Pengukuran kepuasan anggota kemitraan terhadap pelayanan KUD “DAU” dengan metode servqual Studi Kasus pada Kelompok Peternak Sapi Perah Kemitraan KUD “DAU” Malang

Main Author: ZuhrotusShoima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148476/1/051100100.pdf
http://repository.ub.ac.id/148476/
Daftar Isi:
  • Koperasi Unit Desa “DAU” (KUD “DAU”) merupakan salah satu bentuk badan usaha yang menjalankan sistem kemitraan dengan pihak lain demi menunjang kelangsungan usahanya. Sistem kemitraan yang dipakai oleh KUD “DAU” dengan anggota kemitraan adalah pola inti-plasma. Selama ini pola kemitraan yang dijalankan belum pernah dilakukan suatu evaluasi mengenai tingkat kepuasan anggota kemitraan terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan tingkat kepuasan anggota kemitraan dan atribut-atribut yang dipertimbangkan pada tingkat kepuasan anggota kemitraan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh KUD “DAU”. Metode yang digunakan adalah metode Servqual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kepuasan anggota kemitraan terhadap kualitas pelayanan untuk bukti fisik (0,066); kehandalan (-0,116); daya tanggap (-0,061); jaminan (-0,061) dan perhatian (-0,018). Atribut-atribut yang dipertimbangkan pada kepuasan anggota kemitraan adalah kecepatan dan ketepatan petugas dalam melayani anggota kemitraan, ketanggapan petugas saat anggota kemitraan membutuhkan bantuan, mutu layanan yang diberikan kepada anggota kemitraan (kualitas pakan yang bagus dan IB yang berkualitas serta pelayanan yang sama dan adil kepada anggota kemitraan.